PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri
dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-
7 SMA Muhammadiyah 3 Jember pada materi pokok konsumsi, tabungan, dan
investasi semester genap tahun ajaran 2011/2012. Kemampuan berpikir kritis siswa
pada siklus I mencapai 2,1 yang tergolong sedang dan ketuntasan klasikal mencapai
77,14% dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 74,00 yang berarti belum
memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Pada siklus II kemampuan berpikir
kritis menjadi 2,4 yang tergolong tinggi, peningkatan kemampuan berpikir kritis di
ikuti oleh peningkatan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 81,28 dengan
ketuntasan klasikal mencapai 88,57%, yang berarti seluruhnya telah mencapai standar
ketuntasan.