Show simple item record

dc.contributor.authorLidya Yanuarta
dc.date.accessioned2013-12-04T07:44:47Z
dc.date.available2013-12-04T07:44:47Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210103023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4043
dc.description.abstractPendidikan merupakan sarana utama pembentukan generasi penerus bangsa. Semakin maju kualitas pendidikan, maka semakin maju pula negara tersebut (Napitupulu, 2012). Rendahnya kualitas pendidikan utamanya hasil belajar siswa saat ini sudah seringkali dibahas oleh beberapa pihak utamanya oleh kalangan akademisi. Namun hal tersebut masih belum dapat terselesaikan dengan baik. Pendidikan dapat berkembang secara maksimal apabila tujuan pendidikan dapat terlaksana dengan baik. Adapun salah satu tujuan pendidikan adalah menyelenggarakan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dengan teknik Talking Stick pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 2 Kalisat dan untuk meningkatkan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dengan teknik Talking Stick pada siswa VII-E SMP Negeri 2 Kalisat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kalisat, semester Genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 2 Kalisat semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 38 siswa, 24 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis viii data yang dilakukan yaitu karakter siswa yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi karakter siswa dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dengan teknik Talking Stick pada siswa VII-E SMP Negeri 2 Kalisat. Karakter rasa ingin tahu pada pra siklus cenderung ke BT (Belum Terlihat) dengan persentase 84,21%, pada siklus 1 cenderung ke BT (Belum Terlihat) dengan persentase 69,30%, dan pada siklus 2 cenderung ke BT (Belum Terlihat) dengan persentase 67,10%. Karakter disiplin pada pra siklus cenderung ke MB (Mulai Berkembang) dengan persentase 52,63%, pada siklus 1 menjadi 45,33% cenderung ke MB (Mulai Berkembang), dan pada siklus 2 cenderung ke MB (Mulai Berkembang) dengan persentase 51,31%. Karakter tanggung jawab pada pra siklus cenderung ke MT (Mulai Terlihat) dengan persentase 52,63%, kemudian pada siklus 1 cenderung ke MB (Mulai Berkembang) dengan persentase 47,93%, dan siklus 2 cenderung ke MK (Menjadi Karakter) sebesar 47,36%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pra siklus dengan ratarata 61,2 meningkat sebesar 8,3% menjadi 69,5 pada siklus 1 dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 7,6% menjadi 77,1. Begitupula dengan ketuntasan hasil belajar siswa, pada pra siklus menunjukkan ketuntasan sebesar 10,52% dengan 4 siswa tuntas, meningkat pada siklus 1 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 34,21% dengan 13 siswa yang tuntas, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 78,94% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dengan teknik Talking Stick dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa kelas VII-E di SMP Negeri 2 Kalisat serta dapat mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini diharapkan guru hendaknya dapat menerapkan dan melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103023;
dc.subjectTipe Think, Talk, Write (TTW)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) DENGAN TEKNIK TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI (Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 2 Kalisat Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record