Show simple item record

dc.contributor.authorLendy Destalia
dc.date.accessioned2013-12-04T07:40:19Z
dc.date.available2013-12-04T07:40:19Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210103034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4033
dc.description.abstractPembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala hal tentang mahluk hidup dan kehidupannya. Metode eksperimen diartikan cara belajar mengajar yang melibatkan aktifnya peserta didik dengan mengalami dan membuktikan sendiri proses dan hasil percobaan itu. Perlunya model pembelajaran berbasis masalah didasarkan pada kenyataan bahwa dasar berfikir terjadi dalam konteks memecahkan masalah, pada saat mempelajari bahan pelajaran, siswa ingin segera mengetahui apa sebenarnya manfaat mempelajarinya, dan masalah apa saja yang dapat dipecahkan dengan pengetahuan tersebut. Dalam penerapannya, pembelajaran ini membantu siswa dalam memahami permasalahan yang ada dan mampu memecahkan permasalahan secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA Muhammadiyah 2 Genteng- Banyuwangi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2013. Pelaksanaan penelitian ini dimulai dengan pemberian masalah pada siswa dengan dilakukan dalam bentuk eksperimen dan kemudian dipecahkan secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan metode eksperimen pada mata pelajaran biologi materi pencemaran lingkungan serta daur ulang limbah semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di 2012-2013)” ” ” ; ; ”; ; SMA Muhammadiyah 2 Genteng-Banyuwangi. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah, siswa yang mencapai keterampilan sangat baik sebanyak 17 siswa dengan rata-rata kelas meningkat sebesar 8,36, untuk penjabaran ndic at or peningkatannya yaitu memahami masalah sebanyak 8 siswa (24,2%), menyusun rencana penyelesaian sebanyak 4 siswa (12,2%), melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 11 siswa (33,3%), dan indikator terakhir yaitu memeriksa pemecahan atau jawaban yang diperoleh sebanyak 9 siswa (27,3%). Peningkatan hasil belajar secara klasikal pada ranah kognitif sebanyak 8 siswa (24,2%) dengan peningkatan rata-rata kognitif kelas sebesar 4,22, pada ranah psikomotorik sebanyak 19 siswa (57,6%) dengan peningkatan rata-rata kelasnya sebesar 3,5. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan metode eksperimen di SMA Muhammadiyah 2 Genteng-Banyuwangi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103034;
dc.subjectPemebelajaran Berasis Masalahen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR BELAJAR BELAJAR PEMECAHAN PEMECAHAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MELALUI MELALUI BELAJAR MELALUI MELALUI PENERAPAN MASALAH MASALAH MASALAH (PBM) (PBM) MASALAH (PBM) MASALAH MASALAH PEMECAHAN MASALAH PENERAPAN PENERAPAN DAN DAN MASALAH DAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN DENGAN (PBM) DENGAN PELAJARAN PELAJARAN PELAJARAN HASIL HASIL DAN HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE METODE DENGAN METODE BIOLOGI BIOLOGI PELAJARAN BIOLOGI EKSPERIMEN EKSPERIMEN METODE EKSPERIMEN (SISWA (SISWA BIOLOGI (SISWA MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH 2 MATERI MATERI MATERI 2 2 HASIL BERBASIS BERBASIS BERBASIS PADA PADA EKSPERIMEN PADA KELAS KELAS (SISWA KELAS X.6 X.6 KELAS X.6 SMA SMA X.6 SMA GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, 2 GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, PENCEMARAN PENCEMARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN LINGKUNGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN TAHUN TAHUN PELAJARAN PELAJARAN TAHUN PELAJARAN PROGRAM PROGRAM PROGRAM LINGKUNGAN 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record