dc.description.abstract | Hasil observasi awal di kelas XC SMA Negeri 2 Tanggul-Jember, ditemukan
bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Hal tersebut berimbas pada hasil belajar
siswa. Diketahui data hasil belajar dari nilai ulangan harian KD 3.2
mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta
pemanfaan sumber daya alam. Hasil belajar siswa masih banyak yang belum tuntas,
dari 39 siswa yang mengikuti ulangan, hanya 6 siswa yang tuntas atau sekitar 15,4 %,
sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 33 siswa atau sekitar 84,6 %.
Melihat data-data tersebut, maka hasil belajar kelas XC masih rendah dan perlu
ditingkatkan.
Peningkatan motivasi dan hasil belajar dilakukan melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipeTPS (Think Pair Share) dengan media berbasis website.
TPS merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana yang memberi
kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerjasama dengan orang lain.
Think Pair Share memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi
waktu siswa lebih banyak untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu satu sama
lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
SMA Negeri 2 Tanggul- Jember.
Jenis penelitian ini merupakan tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
selama 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan (2 kali pertemuan
materi, 1 kali pertemuan evaluasi). Pelaksanaan penelitian terdiri dari empat tahap,
yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh, dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil
belajar biologi siswa kelas XC SMA Negeri 2 Tanggul-Jember melalui penerapan
model pembelajaran TPS dengan media berbasis website. Peningkatan motivasi siswa
sebesar 39,31% dengan rincian pada aspek attention sebesar 16,63, aspek relevance
meningkat sebesar 9,25%, aspek confidence meningkat sebesar 7,18% dan aspek
satisfaction meningkat sebesar 6,25%. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif
meningkat sebesar 66,65% sedangkan peningkatan pada ranah afektif sebesar 30,8%.
Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data dan pembahasan adalah ada
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran
kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan media berbasis website pada siswa
kelas XC di SMA Negeri 2 Tanggul-Jember. | en_US |