ANALISIS PEMETAAN PRODUCT POSITIONING MINUMAN BERENERGI MEREK (EXTRA JOSS, KUKU BIMA ENER-G, HEMAVITON JRENG) DITINJAU DARI PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pemetaan Product Positioning Minuman
Berenergi Merek(Extra Joss, Kuku Bima Enr-G, Hemaviton Jreng) Ditinjau Dari
Persepsi Konsumen Di Kota Jember”. Objek penelitian ini adalah tiga produk
minuman berenergi yang saat ini sedang bersaing ketat di industri minuman
berenergi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
mengetahui product positioning minuman berenergi ditinjau dari peta persepsi
konsumen berdasarkan atribut-atribut produk di Jember. Persepsi konsumen
merupakan hasil penilaian dari atribut-atribut yang ditawarkan. Atribut produk
minuman berenergi yang diteliti, yaitu : harga, rasa, kemanan konsumsi,
ketersediaan, khasiat / kehandalan dan kemasan.
Berdasarkan metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan
metode survei, yaitu metode penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan
menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Alat analisis yang
digunakan adalah Correspondence Analysis. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian
ini sebanyak 90 responden.
Correspondence Analysis akan menghasilkan peta perseptual, dari peta
perseptual tersebut dapat diketahui bagaimana product positioning produk
minuman berenergi ditinjau dari persepsi konsumen berdasarkan karakteristik
konsumen dan atribut-atribut yang diteliti. Peta perseptual antara minuman
berenergi dengan karakteristik konsumen menunjukkan bahwa ketiga minuman
berenergi tersebut selalu mendapatkan posisinya dalam benak konsumen. Metode
sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling,