dc.description.abstract | Hasil observasi awal di kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember,
ditemukan motivasi siswa yang masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan analisis
data hasil angket motivasi ARCS pada tahap pra siklus didapatkan hasil angket
motivasi siswa sebesar 69,67% dengan rincian rata-rata aspek attention sebesar
21,70; aspek relevance sebesar 19,16; aspek confidence sebesar 19,78; dan aspek
satisfaction sebesar 22,97. Nilai motivasi dari keempat aspek tersebut masih
tergolong rendah. Hasil belajar baik pada aspek kognitif dan afektif juga tergolong
rendah. Berdasarkan pengolahan data kelas VII C terdapat 81,10% siswa yang tuntas
dan hanya 18,90% siswa yang tidak tuntas sedangkan pada aspek afektif ketuntasan
kalsikal hanya mencapai 60,81 dan rata-rata capaian sebesar 66,03.
Berdasarkan uraian di atas diperlukan perbaikan pembelajaran melalui
penerapan model pembelajaran kooperati tipe Numbered Head Together (NHT)
dengan media komik Guna meningkatkan mtivasi dan hasil belajar siswa kelas VII C
SMP Negeri 1 Semboro Jenber. Model Numbered Head Together ini memiliki
kelebihan yaitu meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik., Pengakuan
adanya keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial.
Penelitian dilakukan pada bulan Mei tahun 2013 di kelas VII C SMP Negeri
1 Semboro Jember. Penelitian dimulai dengan tahap perencanaan yaitu pembuatan
perangkat pembelajaran, observasi, tindakan dengan menerapkan model pembelajaran
NHT dengan media komik dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
ix
yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh,
dianalisis dengan menggunakan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar
siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yipe NHT dengan media
komik pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan kelas VII
C semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Semboro Jember.
Peningkatan motivasi siswa sebesar 66,43% dengan rincian pada aspek attention
sebesar 5,71 (17,85%), aspek relevance meningkat sebesar 4,14 (17,00%), aspek
confidence meningkat sebesar 4,65 (16,61%), dan aspek satisfaction meningkat
sebesar 4,79 (14,97%). Peningkatan hasil belajar ranah kognitif meningkat sebesar
62,18% sedangkan peningkatan pada ranah afektif sebesar 16,62%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) di SMP Negeri 1 Semboro Jember. | en_US |