PENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KLENANG LOR II PROBOLINGGO MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
Abstract
Proses pembelajaran IPS di SDN Klenang Lor II Probolinggo menunjukkan
bahwa pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan klasikal. Guru
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pada aat menggunakan metode
diskusi guru hanya menggunakan kelompok sederhana berdasarkan tempat duduk
atau menurut nomor absen, sehingga pembelajaran di kelas cenderung pasi f dan tidak
menarik. Sebagian siswa tidak memperhatikan pelajaran, cenderung main sendiri dan
bergurau mengganggu temannya
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penerapan
quantum teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan pemanfaatan sumber
daya alam di lingkungan sekitar di SDN Klenang Lor II Probolinggo?. Tujuan dari
penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
dalam pembelajaran IPS pokok bahasan pemanfaatan sumber daya alam di
lingkungan sekitar di SDN Klenang Lor II Probolinggo melalui penerapan quantum
teaching dengan media audio visual.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Klenang Lor II Probolinggo
kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
diketahui bahwa siswa lebih senang aktif mengikuti pembelajaran dengan model
quantum teaching. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2
siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 64% dan persentase
ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 59%. Pada siklus II aktivitas siswa
secara klasikal mencapai 78% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal
mencapai 76%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka terjadi peningkatan
pada aktivitas belajar siswa sebesar 14% dan hasil belajar siswa sebesar 17%. Siswa
dikatakan tuntas apabila mencapai nilai ≥70. Nilai tersebut diambil berdasarkan
KKM yang ditetapkan oleh sekolah.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan dalam penerapan qunatum teaching dengan media audio visual
terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Klenang Lor II Probolingggo
mata pelajaran IPS pokok bahasan pemanfaatan sumber daya alam. Saran yang
diberikan adalah bagi siswa, siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
selama kegiatan pembelajaran IPS di kelas dengan menerapkan quantum teaching
dengan media audio visual. Bagi guru, penerapan quantum teaching dengan media
audio visual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran, khususnya
pembelajaran IPS karena dapat membuat siswa tertarik dan senang dalam mengikuti
proses pembelajaran. Bagi sekolah, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
hendaknya menggunakan metode yang tepat agar siswa yang mengikuti proses
belajar memperoleh hasil yang maksimal, sehingga dapat meningkatkan mutu
pendidikan khuusnya di SDN Klenang Lor II Probolinggo. Bagi peneliti lain,
diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang
baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar -benar dapat
bermanfaat bagi kemajuan siswa.