Show simple item record

dc.contributor.authorAliyatul Fikriyah
dc.date.accessioned2013-12-04T07:15:22Z
dc.date.available2013-12-04T07:15:22Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210103027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3957
dc.description.abstractPembelajaran Kooperatif model co-op co-op (kerjasama) menetapkan tim dalam kooperasi antara satu dengan yang lainnya untuk mempelajari sebuah topik di kelas. Model co-op co-op memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri mereka dan lingkungan sekitar, dan selanjutnya memberikan mereka kesempatan untuk saling berbagi pemahaman baru itu dengan teman-teman sekelasnya. Diskusi terjadi pada saat masing-masing siswa memberikan hasil temuan topik kecil kepada siswa lain dalam satu kelompok. Dalam prakteknya, model pembelajaran ini menunjukkan sisi tanggung jawab terhadap suatu topik yang dipelajari. Oleh sebab itu, dengan kelebihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa serta hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang dilaksanakan secara kolaboratif bersama tim lesson study yang terdiri dari lima orang. Satu orang sebagai peneliti, satu orang guru biologi dan tiga orang dari mahasiswa UNEJ yang telah menempuh KK-PPL. Penelitian dilakukan pada bulan Mei tahun 2013. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan tim untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap do yang merupakan tahap pelaksanaan ix pembelajaran di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model co-op co-op berbasis lesson study pada mata pelajaran Biologi sub bahasan Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan serta Limbah dan Daur Ulang Limbah kelas X3 semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Peningkatan motivasi siswa sebesar 13,31% dengan rincian pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar 2,4 (7,50%), aspek relevance meningkat sebesar 4,71 (20,11%), aspek confidence meningkat sebesar 2,2 (7,86%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,72 (8,50%). Peningkatan ketuntasan klasikal ranah kognitif sebesar 68,47%. Pada ranah afektif meningkat sebesar 11,83%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model co-op co-op berbasis lesson study di SMAN 1 Pakusari Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103027;
dc.subjectCo-op Co-op Berbasis Lesson Studyen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CO-OP CO-OP BERBASIS LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Sub Pokok Bahasan Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record