dc.description.abstract | Pembelajaran Kooperatif model co-op co-op (kerjasama) menetapkan tim
dalam kooperasi antara satu dengan yang lainnya untuk mempelajari sebuah topik di
kelas. Model co-op co-op memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama
dalam kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri
mereka dan lingkungan sekitar, dan selanjutnya memberikan mereka kesempatan
untuk saling berbagi pemahaman baru itu dengan teman-teman sekelasnya. Diskusi
terjadi pada saat masing-masing siswa memberikan hasil temuan topik kecil kepada
siswa lain dalam satu kelompok. Dalam prakteknya, model pembelajaran ini
menunjukkan sisi tanggung jawab terhadap suatu topik yang dipelajari. Oleh sebab
itu, dengan kelebihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa serta
hasil belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
berbasis lesson study yang dilaksanakan secara kolaboratif bersama tim lesson study
yang terdiri dari lima orang. Satu orang sebagai peneliti, satu orang guru biologi dan
tiga orang dari mahasiswa UNEJ yang telah menempuh KK-PPL.
Penelitian dilakukan pada bulan Mei tahun 2013. Penelitian dimulai dengan
melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh
peneliti, guru, dan tim untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan. Kemudian dilakukan tahap do yang merupakan tahap pelaksanaan
ix
pembelajaran di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan
menggunakan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar
siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model co-op co-op berbasis
lesson study pada mata pelajaran Biologi sub bahasan Kerusakan dan Pencemaran
Lingkungan serta Limbah dan Daur Ulang Limbah kelas X3 semester genap tahun
pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Peningkatan motivasi siswa
sebesar 13,31% dengan rincian pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar
2,4 (7,50%), aspek relevance meningkat sebesar 4,71 (20,11%), aspek confidence
meningkat sebesar 2,2 (7,86%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,72
(8,50%). Peningkatan ketuntasan klasikal ranah kognitif sebesar 68,47%. Pada ranah
afektif meningkat sebesar 11,83%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif model co-op co-op berbasis lesson study di SMAN 1 Pakusari Jember. | en_US |