PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DISCLOSURE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN HIGH PROFILE SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTED DI BURSA EFEK INONESIA (BEI)
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menguji pengaruh pengungkapan
CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap profitabilitas perusahaan pada
perusahaan high profile sektor makanan dan minuman yang listed di Bursa Efek
Indonesia (BEI). Populasi yang menjadi objek dari penelitian ini adalah annual report
perusahaan high profile sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik judgment sampling yang
merupakan salah satu dari metode teknik purposive sampling Variabel independen
dari penelitian ini menggunakan pengungkapan informasi CSR dalam annual report
perusahaan atau CSR disclosure Indeks (CSRI Variabel Dependen pada penelitian ini
adalah profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Return On Equity (ROE).
Metode penelitian ini menggunakan uji normalitas data dan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
pada 9 perusahaan pada periode 2008 sampai dengan 2011 dapat disimpulkan bahwa
pengungkapan pertanggung jawaban sosial berpengaruh signifikan terhadap
profitabilitas. Pengujian ini menunjukkan tingkat pengungkapan tanggungjawab
sosial berpengaruh signifikan profitabilitas terhadap perusahaan dengan nilai sig t =
0,005 (P<0,05). Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa semakin luas program
tanggung jawab sosial maka akan meningkatkan profitabilitas.