• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VII A SMP NURIS Jember Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif Dan Prinsip Ekonomi Tahun Ajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Agvia Dhiestia - 060210391050_1.pdf (312.6Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    AGVIA DHIESTIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas siswa kelas VII A SMP NURIS Jember dalam pembelajaran Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas VII lainnya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran IPS menggunakan media sederhana (papan tulis dan bagan-bagan) yang disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penggunaan media Mind Mapping (peta konsep) sangat diperlukan. Penggunaan media media Mind Mapping (peta konsep) diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan peta konsep untuk meningkatkan aktivitas siswa (Studi kasus siswa kelas VII A SMP NURIS Jember pada mata pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi tahun ajaran 2012/2013). 2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Nuris Jember tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan peta konsep pada pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP NURIS Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3878
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository