PELAKSANAAN ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN PADA PT.JASA RAHARJA (PERSERO) PERWAKILAN JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada PT. Jasa
Raharja (Persero) Perwakilan Jember selama satu bulan, pemantauan serta
penjelasan yang diberikan oleh pembimbing pelaksanaan Praktek Kerja Nyata
pada PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Jember dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
a. Pengurusan dan pencatatan surat masuk dan surat keluar yaitu pada surat
masuk, setelah surat diterima surat kemudian distempel pada daftar isi paket
dan dibuatkan kartu disposi yang akan diserahkan kepada pimpinan untuk
diperiksa. Pada surat keluar, membuat konsep surat terlebih dahulu, diberi
nomor, surat di gandakan menjadi dua lembar kemudian diserahkan kepada
pimpinan untuk mendapatkan persetujuan, setelah mendapat persetujuan
dilampirkan daftar isi paket pada surat dan surat siap untuk dikirim.
b. Penerimaan telepon pada PT. Jasa Raharja (Persero) dilakukan dengan sopan
dan dengan nada yang halus. Pertama harus mengucapkan salam terlebih
dahulu kemudian diteruskan dengan menyebutkan nama instansi. Dalam
mengakhiri telepon tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih. Penggunaan
telepon keluar di awali dengan menekan angka 9 kemudian nomor tujuan.
c. Pengiriman dokumen melalui faksimile dilakukan bila dokumen tersebut
segera diperlukan oleh pihak yang berkepentingan.
d. Pengarsipan surat, pengarsipan terdiri dari pengarsipan surat masuk dan
pengarsipan surat keluar. Pengarsipan surat masuk, pertama dilakukan
pengecekan fisik surat, nomor surat, kemudian dilampirkan kartu disposisi
yang sudah diperiksa oleh pimpinan, membuat kartu kendali warna pink di isi
sesuai isi surat tersebut, setelah itu surat diarsipkan sesuai kode yang ada.
Pengarsipan surat keluar, setelah surat diperiksa pimpinan kemudian surat
yang terdapat stempel tembusan di buatkan kartu kendali warna putih, sebelah
pinggir kanan surat di beri tulisan menggunakan pensil yaitu nomor dan
uraian singkat surat, surat siap untuk di arsipkan sesuai kode.