• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK PERSUASIF DALAM WACANA IKLAN KOMERSIAL PRODUK KECANTIKAN BERBAHASA INDONESIA PADA SITUS INTERNET

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Sholeha - 090210402114.pdf (2.839Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Siti Sholeha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Wacana iklan komersial yang bertujuan mendukung kampanye pemasaran produk atau jasa memiliki daya persuasif yang kuat untuk menarik perhatian khalayak. Tindak persuasif dalam wacana iklan komersial terdapat modus dan teknik persuasi di dalamnya. Selain modus dan teknik, wacana iklan juga terdapat suatu kebohongan. Iklan komersial ini dapat ditemui di berbagai media, salah satunya adalah situs internet yang saat ini sarat digunakan oleh berbagai kalangan. Iklan komersial yang dominan pada media situs internet adalah iklan yang menawarkan produk kecantikan atau IKPK (Iklan Komersial Produk Kecantikan). Berdasarkan latar belakang tersebut masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah: (1) modus tindak persuasif, (2) teknik persuasi, dan (3) kebohongan tindak persuasif dalam wacana IKPK berbahasa Indonesia pada situs internet. Penelitian deskriptif ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian berupa tindak persuasif dalam wacana IKPK pada situs internet yang terdapat teknik, modus, dan kebohongan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa prosedur: (1) reduksi data (seleksi data dan pengodean data), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan modus, teknik, dan kebohongan persuasi dalam wacana IKPK berbahasa Indonesia pada situs internet. Pertama, modus tindak persuasif dapat diketahui dari bentuk kalimatnya, yakni dalam wujud kalimat: (1) deklaratif, (2) imperatif, dan (3) interogratif. Kedua, teknik persuasi dapat diketahui dari isi wacananya, yakni: (1) nebeng terkenal, (2) mengalihkan pesan, (3) membangun citra positif, (4) empati, (5) memberi hadiah, (6) mengunggulkan produk, (7) menunjukkan logika dan bukti ilmiah, (8) memberikan janji, dan (9) memperkecil jumlah produk. Ketiga, kebohongan iklan dilakukan untuk membujuk dengan berbohong/menipu, yakni dengan cara: (1) melebih-lebihkan produk, (2) permainan diskon, (3) tipuan hadiah, (4) permainan logika dan bukti ilmiah, (5) memberikan janji palsu, dan (6) menunjukkan saksi palsu. Saran yang dapat diberikan setelah dilakukan penelitian ini adalah: 1) bagi pengiklan, dapat dijadikan acuan dalam menulis iklan, 2) bagi konsumen, agar tidak mudah tertipu atas kebohongan iklan, 3) bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan acuan untuk dikembangkan lebih lanjut khususnya penelitian tentang bahasa iklan. 4) bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia, dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa SMP kelas VIII.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3799
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository