• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE KARYAWISATA BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIIA MTS TARBIYATUL HUDA JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Maya Sofiun Naqiyah - 090210402077.pdf (1.579Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Maya Sofiun Naqiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa dan merupakan kegiatan yang kompleks untuk mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bentuk bahasa tulis. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kemampuan menulis narasi siswa kelas VIIA MTs Tarbiyatul Huda masih belum mencapai ketuntasan belajar. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi siswa ketika menulis buku harian dalam bentuk karangan narasi. Kendala-kendala tersebut antara lain kesulitan ketika harus mengungkapkan pikiran dalam bentuk tulisan, kesulitan menulis cerita secara kronologis, kesulitan dalam mengembangkan tulisan yang yang ditandai dengan tidak adanya kepaduan dalam setiap paragrafnya. Sesuai otoritas yang telah diberikan KTSP, dipilihlah metode karyawisata berbantuan media video untuk mengatasi permasalahan tersebut karena lingkungan yang dimiliki sekolah memungkinkan untuk penerapannya. Selain itu, metode karyawisata berbantuan media video merupakan solusi tepat untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menulis narasi. Karyawisata akan dilakukan di tempat produksi bahan bangunan. Tempat ini dipilih karena akan membelajarkan siswa tentang berwiraswasta, sebab sebagian besar lulusan MTs Tarbiyatul Huda banyak yang melanjutkan ke sekolah kejuruan. Di sisi lain, media video akan membantu siswa dalam mengingatkan kembali kejadian-kejadian yang dialami siswa saat berkaryawisata ketika siswa di kelas. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, diterapkanlah metode karyawisata berbantuan media video untuk meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Kajian dalam penelitian difokuskan dalam dua rumusan masalah yaitu: 1) bagaimanakah penerapan metode karyawisata berbantuan media video untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIIA MTs Tarbiyatul Huda Jenggawah Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) bagaimanakah hasil pembelajaran menulis narasi setelah diterapkannya metode karyawisata berbantuan media video pada siswa kelas VIIA MTs Tarbiyatul Huda Jenggawah Tahun Pelajaran 2012/2013?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di MTs Tarbiyatul Huda dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIA sebanyak 34 siswa. Penelitian dilakukan kolaboratif antara guru dan peneliti. Dalam penelitian ini, terdapat data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan tes menulis narasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu: 1) Penelaahan, 2) Penilaian dan pengkategorian, 3) Penyimpulan. Proses penerapan metode karyawisata berbantuan media video pada siswa kelas VIIA MTs Tarbiyatul Huda Jenggawah Tahun Pelajaran 2012/2013 dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Hasilnya pun menunjukkan adanya peningkatan dalam tiap siklusnya. Pada tahap prasiklus masih 11 siswa (32,3%) yang nilainya ≥ 70 (KKM). Kemudian Pada siklus I terjadi peningkatan dari 11 siswa menjadi 25 siswa (73,5%). Meskipun sudah terdapat peningkatan pada siklus I, namun ketuntasan klasikalnya belum mencapai 75%. Akhirnya dilakukan siklus II. Sebanyak 29 siswa (85,2%) mendapat nilai ≥ 70 (KKM). Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan beberapa saran, yakni: 1) guru dapat menggunakan metode karyawisata berbantuan video sebagai salah satu strategi pembelajaran alternatif yang akan diterapkan dalam pembelajaran. Apabila guru menemukan pembelajaran yang membutuhkan inspirasi, guru juga dapat mencoba menerapkan metode karyawisata berbantuan media video ini; 2) peneliti lain dapat melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan metode karyawisata berbantuan media video pada kajian lain dan dapat pula menjadikannya sebagai solusi pada permasalahan yang sama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3762
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository