• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TUTURAN MOTIVATIF BERMUATAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL OLEH GURU KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Eri Praptika - 09021040206.pdf (2.121Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    ERI PRAPTIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberadaan bahasa memegang peranan penting sebagai salah satu alat yang dipergunakan dalam setiap komunikasi. Komunikasi dengan bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan, saling belajar, serta mengungkapkan segala sesuatu yang ingin dikemukakannya sehingga lawan tutur akan memahami maksud dari ungkapan yang dikemukakan oleh penutur tersebut. Salah satu peristiwa tutur yang menarik dikaji secara pragmatik adalah peristiwa tutur antara guru dengan siswa dalam interaksi belajar di sekolah. Guru berperan sebagai orang tua pengganti bagi siswa yang bukan hanya berkewajiban memberikan materi yang berkaitan dengan kemampuan kognitif saja, melainkan juga menanamkan sikap moral yang baik. Guru menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa sebagai pondasi awal. Seorang guru berupaya secara optimal dalam memberikan motivasi terhadap siswa melalui berbagai cara, seperti memberikan tuturan yang dapat memotivasi anak dalam belajar sert a melakukan pendekatan kepada anak dengan memberikan dorongan. Penelitian ini mengkaji Tuturan Motivatif Bermuatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual oleh Guru Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Songgon Kabupaten Banyuwangi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur yang diindikasikan sebagai tuturan motivatif. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Songgon selama kegiatan pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak catat, teknik rekam dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga proses kegiatan yaitu: Dari hasil penelitan ini ditemukan upaya yang dilakukan guru dalam memberi motivasi siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Songgon adalah dengan menggunakan strategi tindak tutur. Strategi yang digunakan guru dalam upaya pembentukan kecerdasan emosional adalah: a Ditemukan Modus tuturan motivatif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Songgon adalah: a Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru dapat memberikan motivasi kepada siswanya dengan menggunakan atau memilih salah satu strategi di atas agar siswa mampu memahami serta dapat termotivasi dengan apa yang disampaikan. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitan ini dapat dijadikan acuan untuk mencermati gejala lain yang berkaitan dengan kajian pragmatik khususnya tindak tutur dengan teori atau metode lain yang lebih baik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3723
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository