Show simple item record

dc.contributor.authorDiah Rohmawati Notasiah
dc.date.accessioned2013-12-04T04:55:56Z
dc.date.available2013-12-04T04:55:56Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210402005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3706
dc.description.abstractMajalah memberikan informasi mengenai banyak hal termasuk produk yang dihasilkan oleh produsen. Informasi mengenai suatu produk lebih dikenal dengan istilah iklan. Melalui iklan produsen memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas selaku calon konsumen. Bahasa dalam iklan bertujuan untuk menarik calon konsumen agar menggunakan produk yang diiklankan. Untuk dapat memahami maksud dalam iklan perlu dikaji mengenai struktur, konteks serta fungsi bahasa dalam iklan. Kajian pada penelitian ini terdiri atas tiga rumusan masalah, yaitu mengenai Jenis penilitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan kualitatif . Data dalam penilitian ini diambil mengunakan teknik dokumentasi. Data berasal dari 3 majalah yang dipilih berdasarkan jenis majalah yaitu majalah wanita diwakili oleh Nova, majalah ibu dan anak diwakili oleh Nakita serta majalah berisi resep diwakili oleh Saji. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur iklan makanan dan minuman pada majalah terdiri atas butir utama, butir penjelas, dan butir penutup. Butir utama iklan terdiri atas 5 proporsi yaitu: asing atau terkesan unik; Koteks iklan produk makanan dan minuman pada majalah terdiri atas konteks sosial dan ekonomi. Konteks ekonomi meliputi topik pemberian hadiah dan pemberian potongan harga. Konteks sosial budaya meliputi topik menyajikan makanan istimewa, pola hidup instan, kebersamaan keluarga, mendukung pertumbuhan anak, dan menjaga kesehatan i bu hamil. Fungsi bahasa yang ditemukan meliputi: Saran yang diberikan sebagai berikut: aen_US
dc.relation.ispartofseries090210402005;
dc.subjectWACANA IKLAN TERTULIS BERBAHASA INDONESIA,..MINUMAN DALAM MAJALAHen_US
dc.titleWACANA IKLAN TERTULIS BERBAHASA INDONESIA PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DALAM MAJALAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record