dc.contributor.author | Suhartiningsih | |
dc.date.accessioned | 2013-06-24T02:45:03Z | |
dc.date.available | 2013-06-24T02:45:03Z | |
dc.date.issued | 2013-06-24 | |
dc.identifier.issn | 2085 – 7519 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/367 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V dalam mengapresiasi bacaan cerita di sekolah dasar melalui pendekatan isi. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur yang membentuk cerita, nilai-nilai yang terkandng dalam cerita dan memberikan tanggapan tertulis tentang isi cerita. Setelah tindakan dilakukan dengan menerapkan pendekatan area isi dalam pembelajaran apresiasi sastra, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) 80% dari siswa bisa menemukan unsur-unsur yang membentuk cerita dengan benar, (2) 75% dari siswa dapat menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita dengan benar, dan (3) 80% dari siswa bisa memberikan tanggapan tertulis tentang isi cerita dengan bahasa kronologis yang mudah dipahami | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar;Volume 1 Nomor 2 September 2012 | |
dc.subject | apresiasi sastra, bacaan cerita, pendekatan area isi | en_US |
dc.title | MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI BACAAN CERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN AREA ISI | en_US |
dc.type | Article | en_US |