dc.description.abstract | Penelitian yang berjudul: “Analisis Pengaruh Proses Komunikasi Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Variabel Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember”, bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung proses komunikasi (X) terhadap produktivitas kerja (Y). Sampel penelitian ini seluruh karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember (Sensus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survey dengan jenis explanatory research. Teknik analisis yang digunakan analisis jalur (path analysis). Variabel independen dalam
penelitian ini adalah proses komunikasi (X), variabel perantara adalah kepuasan kerja (Z), dan variabel dependen adalah produktivitas kerja (Y). Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis diketahui bahwa variabel proses komunikasi yang terdiri dari persepsi (X1), ketepatan (X2), kredibilitas (X3), pengendalian (X4) dan keharmonisan (X5) yang mempunyai pengaruh langsung terhadap produktivitas kerja karyawan (Y) hanya variabel persepsi (X1), kredibilitas (X3) dan keharmonisan (X5). Variabel persepsi (X1) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan (Y) dengan β=0,260. Variabel kredibilitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan (Y) dengan nilai β=0,201. Variabel keharmonisan (X5) berpengaruh signifikan terhadap
produktivitas kerja dengan nilai β=0,299. Sedangkan variabel proses komunikasi yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap produktivitas kerja melalui variabel kepuasan kerja adalah variabel persesi (X1), ketepatan (X2) dan keharmonisan (X5). Variabel persepsi (X1) memiliki pengaruh tidak langsung terhadap produktivitas kerja (Y) melalui variabel perantara kepuasan kerja (Z) dengan nilai β=0,057 Variabel ketepatan (X2) berpengaruh terhadap produktivitas kerja (Y) melalui variabel perantara kepuasan kerja (Z) dengan nilai β=0,097. Variabel keharnonisan (X5) berpengaruh tidak langsung terhadap produktivitas kerja (Y) melalui variabel perantara kepuasan kerja (Z) dengan nilai β=0,132. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel proses komunikasi yang
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja adalah variabel persepsi, ketepatan dan keharmonisan. Sedangkan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja adalah variabel persepsi, kredibilitas, dan pengendalian. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Variabel proses komunikasi yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap produktivitas kerja melalui variabel kepuasan kerja adalah variabel persepsi, ketepatan, dan keharmonisan. | en_US |