• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER PADA MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SMP KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Verial Rohisah Restuni - 090210101085_1.pdf (430.8Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Verial Rohisah Restuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya dengan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan kognitif saja, namun pendidikan karakter juga sangat diperlukan. Dalam hal ini, peran guru dalam mendidik siswa sangat diperlukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang ideal untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Perangkat pembelajaran yang baik dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan baik. Selama ini, perangkat pembelajaran yang digunakan guru kebanyakan belum berkarakter dan belum menggunakan pembelajaran dengan penemuan. Perangkat pembelajaran berkarakter pada model pembelajaran penemuan terbimbing merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter pada model pembelajaran penemuan terbimbing pokok bahasan teorema Pythagoras untuk SMP kelas VIII. Model penemuan terbimbing (Guided Discovery) adalah model pembelajaran yang mengkondisikan siswa berpikir sendiri sehingga dapat menemukan konsep yang diinginkan dengan bimbingan dan petunjuk dari guru berupa pertanyaanpertanyaan yang mengarahkan. Dalam penelitian ini, langkah-langkah pembelajaran viii dengan penemuan terbimbing yang digunakan ada dua yaitu langkah-langkah yang dikemukakan oleh Markaban (2008) dan oleh Soedjadi. Langkah-langkah pembelajaran penemuan terbimbing yang dikemukan oleh Markaban digunakan sebagai langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun menggunakan langkah-langkah penemuan terbimbing yang dikemukakan oleh Soedjadi. Sedangkan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran ada 10 karakter yaitu cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, bertanggung jawab, menghargai orang lain, disiplin, kerja sama, kritis, teliti, mandiri, percaya diri, dan peduli sosial. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 7 Jember. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D (four D Model) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Dalam penelitian ini semua tahap dilaksanakan hingga menghasilkan sebuah produk yaitu perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter pada model penemuan terbimbing pokok bahasan teorema Pythagoras. Pada tahap pendefinisian dilakukan telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang draft I perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut divalidasi kemudian direvisi hingga diperoleh draft II perangkat pembelajaran yang siap diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran hingga dihasilkan draft III (Draft akhir). Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan tersebut akan dianggap baik jika memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran tersebut, diperoleh tingkat kevalidan RPP, Buku Siswa, LKS, dan THB sebesar 4,6; 4,4; 4,5; dan 4,4 dengan kategori valid. Setelah perangkat pembelajaran divalidasi, perangkat tersebut diujicobakan pada subjek uji coba. Dari hasil uji coba diperoleh data aktivitas guru ix dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, respon siswa terhadap pembelajaran, hasil tes hasil belajar siswa, dan perilaku karakter siswa dan keterampilan sosial siswa. Rata-rata persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dari tiga pertemuan sebesar 88,2% dengan kategori baik. Rata persentase aktivitas siswa dari tiga pertemuan sebesar 89,83%. Respon siswa terhadap proses pembelajaran ditunjukkan dengan presentase yang diperoleh terhadap komponen mengajar lebih dari 80% untuk seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hasil tes hasil belajar siswa menunjukkan 97,3% siswa mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal sedang atau mampu mencapai minimal skor 60. Rata-rata persentase perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa dari tiga pertemuan adalah 85,55% dengan kategori baik yang berarti dapat meningkatkan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa. Karakter yang terbentuk atau mencapai persentase yang tinggi adalah karakter Cinta Tuhan dan karakter peduli sosial. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis karaker pada model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) menggunakan Model 4-D diperoleh draft I perangkat pembelajaran pada tahap perancangan (design). Draft II dan draft III (perangkat final) diperoleh pada tahap pengembangan (develop). Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Produk akhir dari pengembangan ini masih jauh dari sempurna, jika ada peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis, lebih diperhatikan lagi dalam memunculkan langkah-langkah penemuan terbimbing pada semua perangkat yang dikembangkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3628
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository