• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN METODE PENYELESAIAN MASALAH BERBASIS POLYA PADA MATERI MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Tika Nurpitasari - 090210101032_1.pdf (168.1Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    TIKA NURPITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Melalui pembelajaran CTL berbasis pemecahan masalah ini, siswa akan dilatih untuk terampil dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari secara sistematis. Dengan proses mengidentifikasi masalah-masalah dan informasi apa saja yang diketahui dan ditanyakan dalam suatu soal cerita, siswa akan berusaha berpikir secara kritis dan logis serta saling bekerja sama untuk menemukan penyelesaian permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode pemecahan masalah Polya pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat di kelas VII SMP; (2) menghasilkan perangkat pembelajaran pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode pemecahan masalah Polya pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat di kelas VII SMP. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan yaitu RPP,LKS dan THB. Tempat uji coba ini adalah SMP Negeri 10 Jember pada siswa kelas VII C tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Berdasarkan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode pemecahan masalah Polya maka dapat disimpulkan sebagai berikut. a. Pengembangan perangkat pembelajaran pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode pemecahan masalah Polya pada materi viii menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat di kelas VII SMP menggunakan model Plomp yang memiliki lima fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, serta (5) fase implementasi.. b. Hasil pengembangan perangkat yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode pemecahan masalah Polya pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat di kelas VII SMP yang dikategorikan baik. Perangkat dikategorikan baik apabila perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan efektifitas. Hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan efektifitas adalah sebagai berikut. 1) Uji kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh melalui validasi perangkat pembelajaran (RPP, LKS, dan THB) oleh 3 ahli. Dari hasil validasi diperoleh perangkat pembelajaran telah mencapai kriteria kevalidan karena koefisien validasi RPP, LKS, dan THB berturut-turut mencapai 0,88; 0,90 dan 0,78 2) Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika dalam uji coba lapangan didapat data aktivitas guru dikategorikan baik. Dari hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh perangkat pembelajaran telah mencapai kriteria praktis karena pada pertemuan pertama 88,89% sedangkan pada pertemuan kedua 92,59% 3) Perangkat pembelajaran dikatakan efektif persentase siswa tiap kegiatan telah memenuhi kriteria karena secara umum persentase aktivitas siswa mencapai 10% - 20% kecuali untuk jenis aktivitas yang tidak relevan dengan pembelajaran 0% - 5%. Data respon positif siswa terhadap pembelajaran dikategorikan positif karena lebih dari 80% siswa member respon positif . Rata-rata ketuntasan hasil belajar mencapai 94% maka siswa dalam mengikuti pembelajaran mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal sedang atau mampu mencapai minimal skor 60.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3622
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository