PENGARUH NILAI NASABAH TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Jember. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh nilai nasabah yang terdiri dari nilai produk, nilai layanan, nilai personil, nilai moneter, biaya waktu, biaya energi dan biaya psikis terhadap kepuasan dan menganalisis pengaruh nilai nasabaah yang terdiri dari nilai produk, nilai layanan, nilai personil, nilai moneter, biaya waktu, biaya energi dan biaya psikis terhadap loyalitas serta menganalisis pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah.
Metode penelitian menggunakan kuesioner. Adapun variabel yang digunakan ada 7 (tujuh) meliputi nilai produk, nilai layanan, nilai personel, nilai moneter, biaya waktu, biaya energi dan biaya psikis. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah para pemilik rekening tabungan pada Bank Syariah Mandiri Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Path.
Secara garis besar penelitian ini menunjukkan dari keseluruhan hipotesis yang diajukan yang dapat diterima adalah pengaruh nilai produk terhadap kepuasan nasabah, pengaruh nilai layanan terhadap kepuasan nasabah, pengaruh nilai personel terhadap kepuasan nasabah, dan pengaruh nilai moneter terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan untuk pengujian terhadap loyalitas nasabah, hanya variabel biaya psikis dan kepuasan nasabah yang memiliki pengaruh signifikan.