PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE CROSS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh marketing mix terhadap perilaku konsumen dalam
mengambil keputusan pembelian handphone CROSS pada Mahasiswa Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2011. Penentuan
daerah penelitian dilakukan secara purposive area, sedangkan metode penentuan
sampelnya menggunakan proposional random sampling sejumlah 54 responden.
Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan
menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Penenlitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, varian
garis regresi, efektivitas garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa marketing mix memiliki pengaruh signifikan terhadap
perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Hasil uji F
menunjukkan Fhitung = 37,31 > Ftabel = 2,56 dengan tingkat signifikansi α = 0,05 >
signifikansi 0,000. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak
dan Ha diterima, jadi variabel bebas marketing mix yang terdiri dari Produk,
Harga, Tempat dan Promosi secara simultan memiliki pengaruh signifikan
terhadap variabel terikat, yaitu Perilaku konsumen dalam mengambil keputusan
pembelian. Hasil analisis efektifitas Garis Regresi (R2) yang digunakan untuk
mengetahui kontribusi koefisien regresi dari variabel bebas terhadap variabel
terikat diketahui sebesar 0,753 atau 75,3%. Hal ini menunjukkan bahwa Perilaku
konsumen dalam mengambil keputusan pembelian dipengaruhi oleh Marketing
Mix sebesar 75,3%, sedangkan sisanya 2