• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DISERTAI MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN ARJASA KELAS X-5

    Thumbnail
    View/Open
    Deacy Rubicca Liza Dyana - 060210102162_1.pdf (289.0Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Deacy Rubicca Liza Dyana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal pada bulan September 2011 dengan guru fisika SMA Negeri Arjasa ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung pasif dan kurang memperhatikan guru. Aktivitas siswa yang memperhatikan penjalasan guru 33,3%, mengajukan pertanyaan 28,7% meskipun banyak siswa yang tidak memahami materi yang disampaikan, kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan 32,4%, dan kemampuan mengerjakan soal 33,3%. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) disertai Media Animasi pada kelas X-5 di SMA Negeri Arjasa untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai Media Animasi pada kelas X-5 SMA Negeri Arjasa, (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai Media Animasi pada kelas X-5 SMA Negeri Arjasa. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah: (1) Bagi guru, sebagai bahan masukan dan upaya perbaikan dalam menentukan model dan metode pengajaran yang tepat, (2) Bagi sekolah, dapat memberikan sumbangan pikiran dalam rangka mencari alternatif model pembelajaran fisika, (3) Bagi peneliti lain, sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian sejenis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X-5 SMA Negeri Arjasa pada tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung serta hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Jumlah siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 14 siswa pada pra siklus menjadi 30 siswa pada siklus I, sedangkan pada siklus II meningkat sedikit menjadi 32 siswa. Jumlah siswa yang aktif bertanya meningkat dari 2 siswa pada pra siklus menjadi 15 siswa pada siklus I dan meningkat menjadi 20 siswa pada siklus II. Jumlah siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru meningkat dari 3 siswa pada pra siklus menjadi 25 siswa pada siklus I dan meningkat menjadi 28 siswa pada siklus II. Jumlah siswa yang aktif mengerjakan soal meningkat dari 10 siswa pada pra siklus menjadi 20 siswa pada siklus I dan meningkat menjadi 28 siswa pada siklus II. Jumlah siswa yang aktif diskusi dengan kelompok pada siklus I sebanyak 31 siswa menjadi 34 siswa pada siklus II sedangkan di pra siklus tidak ada. Jumlah siswa yang aktif mempresentasikan hasil diskusi pada siklus I sebanyak 24 siswa dan pada siklus II tetap sama, yaitu 24 siswa sedangkan pada pra siklus tidak terdapat diskusi. Aktivitas yang terakhir yaitu menarik kesimpulan siklus I sebanyak 29 siswa dan siklus II meningkat menjadi 31 siswa. Sedangkan, peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I, sebesar 63.9% yaitu dari 13.88% menjadi 77.77%. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus ke siklus II dengan peningkatan sebesar 69.45% yaitu dari 13.88% menjadi 83.33%. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) disertai Media Animasi dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar SMA Negeri Arjasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3536
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3451]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository