Show simple item record

dc.contributor.authorLILIK INDRAYANI
dc.date.accessioned2013-12-04T03:15:44Z
dc.date.available2013-12-04T03:15:44Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210101044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3522
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan. Hampir semua aspek berhubungan dengan matematika. Pembelajaran matematika bukan hanya untuk mengetahui dan memahami apa yang terkandung dalam matematika itu sendiri. Matematika memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena dapat menumbuhkembangkan kemampuan bernalar yaitu berfikir sistematis, logis, dan kritis dalam memecahkan masalah. Maka, sangat diharapkan bagi siswa di sekolah menengah untuk dapat menguasai pelajaran matematika dengan memahami konsep-konsep yang ada pada matematika. Pengajaran matematika di SMP Negeri 1 Jatibanteng, khususnya pada kelas VIIB masih berpusat pada guru, sehingga komunikasi yang terjadi lebih banyak bersifat searah yakni hanya guru yang sering berbicara, sehingga praktis siswa lebih banyak diam. Berdasarkan Hasil wawancara dengan guru SMP Negeri 1 jatibanteng menunjukkan bahwa guru biasanya menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menelaah penerapan pembelajaran model Elaborasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika sub pokok bahasan jajar genjang dan belah ketupat siswa kelas VIIB semester genap di SMP Negeri 1 Jatibanteng tahun ajaran 2012/2013; (2) menelaah aktivitas siswa pada pembelajaran model Elaborasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika sub pokok bahasan jajar genjang dan belah ketupat siswa kelas VIIB semester genap di SMP Negeri 1 Jatibanteng tahun ajaran 2012/2013; (3) menelaah apakah akan terjadi peningkatan hasil belajar matematika sub pokok bahasan jajar genjang dan belah ketupat siswa kelas VIIB semester genap tahun ajaran 2012/2013 berlangsung; viii Pembelajaran pertama dilaksanakan pada hari Senin tanggal 06 Mei 2013 di SMP Negeri 1 Jatibanteng. Subjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak dua siklus, pada siklus I dan II diadakan dua kali pembelajaran dan di setiap akhir pembelajaran diadakan tes akhir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara, metode observasi/pengamatan, dan metode dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran model Elaborasi sub pokok bahasan jajar genjang dan belah ketupat; (2) aktivitas belajar siswa; (3) aktivitas guru; (4) ketuntasan belajar. Penerapan pembelajaran matematika dengan model Elaborasi berjalan dengan lancar dari pembelajaran 1 sampai dengan 4. Pembelajaran ini berhasil meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hal ini berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 55% dan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 87,5%. Pada siklus I, dari analisis ketuntasan belajar, ada 18 siswa dari 40 siswa belum mencapai ketuntasan belajar sehingga persentase ketuntasan belajar mencapai 55%. Pada siklus II, persentase belajar meningkat menjadi 87,5% dan hanya 5 siswa dari 40 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Beberapa siswa yang tidak tuntas pada siklus I mampu meningkatkan prestasinya pada saat pembelajaran siklus II sehingga mereka akhirnya tuntas. Dari analisis ketuntasan belajar, pada siklus I secara klasikal kelas VIIB belum mencapai ketuntasan belajar sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar Penerapan Pembelajaran model Elaborasi ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 55%. Siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa, sehingga pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101044;
dc.subjectmodel elaborasien_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELABORASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT SISWA KELAS VIIB SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 1 JATIBANTENG TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record