• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ida Rahmawati - 110210181007_1.pdf (415.6Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Ida Rahmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan informasi dan observasi dari guru di SMK Negeri 4 Jember, ditemukan berbagai masalah diantaranya: (1) guru masih mendominasi kelas yaitu masih menggunakan metode ceramah, (2) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran masih belum nampak, (3) siswa jarang mengajukan pertanyaan, (4) kurangnya keberanian siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas, (5) kurangnya pembelajaran yang membuat siswa bekerja dalam kelompok. Hal ini menggambarkan efektifitas belajar mengajar dalam kelas masih rendah. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, khususnya kelas X jurusan Akuntansi. Sebagian besar nilai siswa pada mata pelajaran matematika masih di bawah Standar Kelulusan Minimal 70. Selain itu, ketuntasan klasikal kelas sangat rendah yaitu masih di bawah 65%. Dari kenyataan tersebut, perlu adanya suatu perubahan metode atau model pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran yang menyenangkan, berpusat aktivitas, dan kerja sama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Accelerated Learning, menganalisis peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode Accelerated Learning pada pokok bahasan Program Linier kelas, dan menganalisis peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan metode Accelerated Learning pada pokok bahasan Program Linier. Pengambilan data dilakukan mulai 07-27 Mei 2013 di SMK Negeri 4 Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 4 Jember tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dianalisis vii dalam penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode Accelerated Learning meliputi memperhatikan penjelasan guru, terlibat dalam pemecahan masalah, aktif mencari kelompok belajar, mengerjakan tugas/LKS, kerja sama dalam kelompok, presentasi, menyimpulkan dan mencatat mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebagai berikut: aktivitas siswa dalam memperhatikan penjelasan guru mengalami peningkatan aktivitas sebesar 10,65% dari 74,54% menjadi 85,19%. Aktivitas ikut dalam pemecahan masalah mengalami peningkatan aktivitas sebesar 10,65% dari 75,46% menjadi 85,11%. Aktivitas aktif mencari pasangan/kelompok mengalami peningkatan aktivitas sebesar 12,04% dari 78,71% menjadi 90,74%. Aktivitas siswa dalam mengerjakan tugas/LKS mengalami peningkatan sebesar 12,97% dari 72,23% menjadi 85,19%. Aktivitas kerja sama dalam kelompok mengalami peningkatan sebesar 21,30% dari 62,04% menjadi 83,34%. Aktivitas siswa dalam presentasi mengalami peningkatan sebesar 7,41% dari 47,69% menjadi 55,10%. Aktivitas siswa dalam menyimpulkan dan mencatat mengalami peningkatan sebesar 4,63% dari 84,73% menjadi 89,36%. Untuk aktivitas guru, pada siklus I rata-rata mencapai dan meningkat pada siklus II menjadi . Ketuntasan secara klasikal pada siklus 1 dan siklus 2 telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu sebesar 65%. Ketuntasan secara klasikal ini mengalami peningkatan sebesar 13,89% dari 72,22% pada siklus 1 menjadi 86,11% pada siklus 2. Dengan demikian, metode Accelerated Learning ini dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 4 Jember pada pokok bahasan Program Linier.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3518
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository