• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK

    Thumbnail
    View/Open
    Hosnol Hotimah - 090210101060_1.pdf (239.1Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Hosnol Hotimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Realitas di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada permasalahan matematika terutama yang berbentuk soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok seperti menghitung banyaknya kertas pembungkus barang dan volume akuarium. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang memfokuskan kegiatan pembelajaran pada pemahaman bacaan serta menyiapkan perangkat pembelajaran untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini dicoba menggunakan pembelajaran model CIRC yang memfokuskan kegiatannya pada pemahaman bacaan dan penyelesaian permasalahan berbentuk soal cerita dengan tahapan membaca berpasangan, mengidentifikasi masalah, menemukan kata kunci, dan melakukan pemeriksaan pasangan yang hasilnya dituliskan dalam hasil kolaboratif kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada model pembelajaran CIRC pokok bahasan kubus dan balok berupa RPP, LKS, Buku Siswa dan THB serta mengetahui kelayakan dan hasil uji coba perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan mengacu pada model Thiagarajan, Semmel and Semmel yang dimulai dengan melakukan analisis awal akhir, telaah karakteristik siswa, merinci konsep yang akan diajarkan, menetapkan tujuan pembelajaran , dan merinci tugas yang akan diberikan. Proses pengembangan perangkat dilanjutkan dengan merancang draf perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi, memilih viii media, melakukan pemilihan format, dan melakukan perancangan awal perangkat pembelajaran. Hasil perancangan pada tahap ini disebut Draft I. Tahap selanjutnya adalah pengembangan yaitu melakukan validasi perangkat oleh para validator serta uji coba perangkat pembelajaran di lapangan. Validasi perangkat dilakukan oleh tiga validator yaitu dua orang dosen pendidikan matematika dan seorang guru matematika dari SMP Negeri 7 Jember. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf II yang layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan di kelas VIII-B SMP Negeri 7 Jember pada tanggal 27 Agustus - 10 September 2013. Setelah melakukan uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dianalisis untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Perangkat pembelajaran yang telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran selanjutnya disebut Draft III (perangkat final). Hasil analisis validasi ahli dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang berorientasi pada model pembelajaran CIRC telah memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yaitu kriteria kevalidan karena koefisien validitas RPP, LKS, Buku siswa, dan Tes Hasil Belajar berturut-turut adalah 0,87;0,92;0,85;0,87. Perangkat tersebut dikatakan valid karena koefisien validitasnya lebih dari 0,60. Memenuhi Kriteria kepraktisan karena rata-rata pengelolaan pembelajaran oleh guru adalah 83,83%. Memenuhi kriteria keefektifan karena rata-rata persentase aktivitas dalam tiga kali pertemuan adalah 84,73, lebih dari 85% siswa telah mencapai ketuntasan minimal skor 60 serta lebih dari 80%, siswa memberikan respon positif terhadap komponen yang ditanyakan dalam angket respon siswa. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada model CIRC yang layak dan dapat digunakan oleh guru SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3516
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository