• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN SEGITIGA DAN SEGI EMPAT SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 AJUNG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012 – 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Fenni Octavianti - 080210101061_1.pdf (518.5Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Fenni Octavianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SMP Negeri 1 Ajung adalah salah satu sekolah yang letaknya di Ajung kabupaten Jember. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih berada di bawah Standar Kelulusan Minimal (SKM) yang telah ditentukan, terutama pada kelas VII D. Diketahui bahwa : 1) aktifitas belajar siswa di kelas VII masih rendah, hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa-siswanya hanya duduk manis dan mencatat yang ada di papan tulis saja, hal tersebut membuat siswa kurang memahami konsep yang diajarkan dan mudah lupa; 2) kemampuan penalaran siswa rendah, ketika ada masalah yang disajikan dalam bentuk lain (tidak sesuai dengan contoh yang diberikan) siswa masih bingung bagaimana menyelesaikannya. Hal-hal tersebut merupakan faktor yang menyebabkan hasil belajar rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan penerapan model pembelajaran yang sesuai sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah: (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada sub pokok bahasan keliling dan luas segitiga dan segi empat; (2) menganalisis aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada sub pokok bahasan keliling dan luas segitiga dan segi empat; (3) menganalisis ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada sub pokok bahasan keliling dan luas segitiga dan segi empat. Penelitian ini menggunakan dua siklus dan tiap siklusnya mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan/perencanaan ulang, tindakan, observasi dan refleksi. viii Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII D SMPN 1 Ajung tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 38 siswa. Pemilihan subyek pada penelitian ini berdasarkan pertimbangan bahwa kurangnya aktifitas siswa dan hasil belajar matematika. Selain itu, siswa kelas VII D memiliki tingkat kecerdasan yang heterogen (pandai, sedang dan kurang). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2012 – 4 Maret 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara. Dari hasil observasi didapatkan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 73,56% (aktif) dan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 83,3% (aktif). Sedangkan persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I mencapai 70,51% (aktif) dan pada siklus II mencapai 94,65% (sangat aktif). Hasil analisis kentutasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI, pada siklus I mencapai 78,95% dengan 8 siswa tidak tuntas belajar dan 30 siswa yang tuntas, dan pada siklus II mencapai 94,7% dengan 2 siswa tidak tuntas belajar dan 36 siswa yang tuntas. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3509
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository