• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BELAJAR BRUNER PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA KELAS VII SMPLB-B SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Fajar Harry Purnomo - 080210191015_1.pdf (180.3Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    FAJAR HARRY PURNOMO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam suatu pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika guru dan siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Terutama siswa yang belajar harus lebih aktif menggali informasi sendiri dan tidak hanya menunggu apa yang diberikan guru. Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap guru bidang studi matematika SMPLB-B Yayasan TPA Jember diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran guru menekankan siswa untuk menghitung sehingga siswa hanya bisa menghitung. Guru tidak sering memberikan pemahaman konsep bersifat lebih abstrak kepada siswa dikarenakan siswa tunarungu tidak mampu memahami konsep yang bersifat abstrak. Padahal ilmu matematika tidak hanya menghitung, namun terdapat pemahaman konsep seperti segitiga berdasarkan panjang sisinya dan besar sudutnya, materi tersebut tidak mengajarkan siswa untuk menghitung namun pemahaman konsep, sehingga siswa merasa bahwa matematika tidak harus menghitung. Dalam suatu proses pembelajaran siswa diharapkan aktif agar pembelajaran tidak berjalan satu arah yaitu hanya guru saja yang aktif. Model belajar yang dapat membantu siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga lebih memahami dan mengingat materi yang siswa pelajari yang dilaksanakan dengan model belajar Bruner yaitu siswa mengalami perubahan informasi dalam 3 tahapan melalui tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik. Untuk memantapkan pemahaman dalam belajar matematika khususnya pada materi segitiga, hendaknya siswa mampu untuk mengidentifikasi segitiga dan mengetahui rumus keliling dan luas segitiga serta cara penggunaannya. Pembelajaran dengan model belajar Bruner dapat mengkondisikan siswa untuk tidak hanya hafal rumus tersebut namun juga memahami bagaimana rumus itu terbentuk. viii Dalam pembelajaran dengan menggunakan model belajar Bruner siswa diharuskan aktif membaca bacaan yang diberikan untuk mengenal lebih dalam materi yang akan diberikan, mengisi lembar panduan yang terdiri membuat dan menjawab pertanyaan agar materi tersebut lebih melekat pada ingatan siswa, mengerjakan LKS, bertanya, dan menjawab pertanyaan. Pembelajaran dengan menggunakan model belajar Bruner diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPLB-B Yayasan TPA Jember berjumlah 5 siswa dengan pertimbangan terdapat kemampuan siswa yang heterogen, yaitu memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pendekatan yang diambil dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini berupa penjelasan tentang penerapan model belajar Bruner melalui penilaian aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas Penelitian ini mengadopsi model skema Hopkins yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3503
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository