Show simple item record

dc.contributor.authorErica Dian Pertiwi
dc.date.accessioned2013-12-04T02:54:22Z
dc.date.available2013-12-04T02:54:22Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3495
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Model pembelajaran tipe TPS mempunyai tiga tahapan yaitu Thinking (berpikir), Pairing (berpasangan), dan Sharing (berbagi). Berdasarkan hasil pengamatan selama observasi dan wawancara dengan guru kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember, 50% dari keseluruhan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran bahkan terkesan kurang serius dalam proses belajar di kelas dan kurangnya kemampuan siswa dalam berkomunikasi. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang akan membantu siswa lebih terbuka dalam bekerjasama dan mengemukakan pendapat mereka dengan teman sejawat tanpa ada rasa malu ataupun enggan dalam menyelesaikan tugasnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember saat mengikuti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi program linear semester II tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember saat mengikuti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi program linear semester II tahun pelajaran 2012/2013. Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) dilaksanakan dengan memberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan kepada siswa, guru memberikan kepada siswa untuk berpikir secara individu (think) terlebih dahulu, hal tersebut dilakukan xi agar guru mengetahui dan mengembangkan kemampuan individu setiap siswa. Selain dikerjakan secara individu, guru juga memberikan permasalahan berupa LKS yang dikerjakan secara berkelompok dengan pasangannya (pairing) untuk didiskusikan bersama yang selanjutnya dipresentasikan di depan kelas (share) Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berjalan dengan baik. Persentase aktivitas yang diperoleh dari pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siklus I sebesar 62,46% dan siklus II sebesar 74,74%, sehingga meningkat sebesar 12,28%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,59% dan siklus II sebesar 73,53%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) pokok bahasan program linear pada kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101021;
dc.subjectThink Pair Share (TPS)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI UPW SMK NEGERI 1 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI PROGRAM LINEAR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record