• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI PORTOFOLIO ASSESMENT PADA SUB POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Sylvia - 080210101053_1.pdf (527.3Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Dwi Sylvia Hanafi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jenggawah sebagai tempat penelitian dan subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII B yang berjumlah 36 orang yang terdiri 22 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Alasan dipilihnya sekolah ini karena adanya masalah pembelajaran yaitu kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih belum bisa mencapai hasil yang maksimal. Permasalahan di kelas VIII-B yaitu dalam proses belajar kelompok siswa cenderung pasif hanya ada beberapa siswa yang terlihat aktif, siswa kurang kreatif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Salah satu strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah di kelas VIII-B adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai Portofolio Assesment. Pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah model pembelajaran yang menekankan kerja sama antar siswa, siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap siswa dalam kelompok diberi nomor yang berbeda. Setiap siswa dalam kelompok dituntut berpikir dan bertukar ide untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan melalui LKS. Di akhir pembelajaran guru akan memanggil siswa secara acak untuk presentasi. Dengan demikian siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai Portofolio Assesment, meningkatkan aktivitas siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai Portofolio Assesment, dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai viii Portofolio Assesment pada sub pokok bahasan Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII-B SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Mei sampai dengan 18 Mei 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdapat 4 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 1 membahas materi Luas Permukaan dan Volume Balok, pembelajaran 2 membahas materi Luas Permukaan dan Volume Kubus,pembelajaran 3 membahas materi Luas Permukaan dan Volume Prisma, pembelajaran 4 membahas materi materi Luas Permukaan dan Volume Limas dan tes siklus 1 berisi tentang materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Siklus II juga terdiri dari satu kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 5 membahas materi Luas Permukaan dan Volume Prisma serta Limas, dan tes siklus II berisi tentang materi materi Luas Permukaan dan Volume Prisma serta Limas. Metode pengumpulan data yang dilakukan observasi sebelum dan pada saat penelitian, wawancara kepada guru dan siswa, dokumentasi, dan tes pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif NHT adalah 79,55% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II. Aktivitas siswa (individu) meningkat dari 70,14% pada siklus I menjadi 83,80% pada siklus II. Selain aktivitas individu, aktivitas kelompok juga dianalisia. Hasil analisanya yaitu 70,64% pada siklus I dan tergolong cukup aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan dengan persentase 16,13% sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan dengan persentase 83,33%. Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3483
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository