Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Septi Maharani
dc.date.accessioned2013-12-04T02:42:15Z
dc.date.available2013-12-04T02:42:15Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3476
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara pra penelitian dengan guru bidang studi matematika kelas VIII D di SMP Negeri 7 Jember, terdapat dua permasalahan yang sedang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran matematika di kelas, yaitu guru mengalami kesulitan untuk mengajak siswa agar turut aktif dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini sangat dirasakan oleh guru pada saat memberikan tes pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Salah satu solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi tersebut adalah melalui penerapan pembelajaran kooperatif Classwide Peer Tutoring, selain pembelajaran ini merupakan pembelajaran kooperatif, dimana setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab, pembagian kelompok pada pembelajaran ini dibuat berpasangan sehingga terjadi komunikasi langsung dan menjadi lebih efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Classwide Peer Tutoring pada sub pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar, aktivitas siswa di kelas VIII D SMP Negeri 7 Jember selama penerapan pembelajaran kooperatif Classwide Peer Tutoring, dan hasil belajar setelah penerapan pembelajaran kooperatif Classwide Peer Tutoring. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Jember yang berjumlah 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap. Empat tahap tersebut terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk vii mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Pada pembelajaran siklus I diperoleh hasil analisis data yang meliputi aktivitas guru dan siswa, nilai tugas, tes pendahuluan dan akhir. Persentase aktivitas guru yang diperoleh sebesar 83% dan termasuk dalam kategori aktif, sedangkan persentase aktivitas siswa termasuk dalam cukup aktif sebesar 68,25%. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I, pada tes akhir siklus I, belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Pada pembelajaran siklus II juga diperoleh hasil analisis data yang meliputi aktivitas guru dan siswa, nilai tugas dan tes akhir. Persentase aktivitas guru yang diperoleh sebesar 97% dan termasuk kategori sangat aktif. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori aktif yaitu sebesar 77,29%. Setelah dilakukan pembelajaran siklus II, pada tes akhir siklus II diperoleh ketuntasan klasikal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Classwide Peer Tutoring efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101027;
dc.subjectClasswide Peer Tutoringen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF CLASSWIDE PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VIII D SMP NEGERI 7 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record