ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN PARA PELANGGAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA WARNET DI WILAYAH JEMBER (Studi Kasus Warnet Tom’z, Maxima dan DeNet)
Abstract
Judul penelitian ini adalah ” Analisis Faktor yang Dipertimbangkan Para Pelanggan Dalam Mengambil Keputusan Menggunakan Jasa Warnet Di Wilayah Universitas Jember (Studi Kasus Warnet Tom’z, Maxima dan DeNet). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan pelanggan dalam mengambil keputusan menggunakan jasa warnet Toms, Maxima dan DeNet dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh secara dominan terhadap pengambilan keputusan pelenggan dalam menggunakan jasa warnet Toms, Maxima dan DeNet di daerah kampus Universitas Jember. Dasar yang digunakan untuk mengambil keputusan adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan pelanggan dan faktor-faktor yang berpengaruh secara dominan terhadap pengambilan keputusan pelanggan. Teknik yang digunakan adalah Analisis Faktor dan Analisis Regresi Linier Berganda.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 80 responden dengan metode proposional purposive random sampling. Data yang diperoleh diuji menggunakan Analisis Faktor untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan pelanggan dalam mengambil keputusan menggunakan warnet Tom’z, Maxima dan DeNet. Dan analisis Regresi Linier Berganda untuk mengetahui yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan dalam menggunakan warnet Toms, Maxima dan DeNet di daerah kampus Universitas Jember.berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dari 19 variabel hanya terbentuk 6 faktor yang dipertimbangkan pelanggan dalam mengambil keputusan
menggunakan warnet Tom’z, Maxima dan DeNet dan dari keenam faktor tersebut terdapat hubungan positif. Keenam faktor tersebut adalah Faktor Skill Karyawan, Faktor Keunggulan, Faktor Atribut Produk, Faktor Fasilitas, Faktor Lingkungan dan Faktor Daya Tarik.