ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK HANDPHONE DI WILAYAH KECAMATAN KOTA LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Analisis Segmentasi Pasar Produk Handphone Di Wilayah Kecamatan Kota Lamongan”. Dalam hal ini objek yang diteliti adalah handphone denga merek Nokia, Sony Ericson dan Samsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis segmen pasar handphone berdasarkan atribut produk dan merek produk handphone apa saja yang ada pada masing- masing segmen. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner pada responden yang pernah menggunakan produk Nokia, Sony Ericson dan Samsung di Wilayah Kecamatan Kota Lamongan.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis pengujian instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas yang dilanjutkan metode Analisis Cluster. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode Analisis Cluster, menunjukkan bahwa variabel berdasarkan atribut produk meghasilkan 3 (tiga) klaster yaitu Klaster Kualitas, Klaster Bentuk Dan Klaster Merek. Variabel berdasarkan merek menghasilkan 2 (dua) klaster. Klaster 1 meliputi merek Samsung dan Sony Ericson, klaster 2 meliputi Nokia. Setiap perusahaan harus memperhatikan setiap segmen yang akan dipilih karena setiap segmen memiliki karakteristik yang berbeda.