PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG ATAS KUALITAS LAYANAN PADA PO. AKAS JURUSAN JEMBER – SURABAYA
Abstract
Bogy Setiawan, NIM : 060810201007, mahasiswa Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Jember, dengan judul skripsi “Pengukuran Tingkat
Kepuasan Penumpang Atas Kualitas Layanan Pada PO.Akas Jurusan Jember -
Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan penumpangdan
tingkat kepentingan penumpangterhadap dimensi kualitas layanan pada PO.Akas
jurusan Jember - Surabaya
Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive
Sampling. Subjek yang digunakan adalah penumpang PO.AKAS jurusan Jember -
Surabaya dengan teknik penentuan jumlah sampel sesuai dengan pendapat Roscoe
dalam Uma Sekaran(2006:160) sehingga ditentukan jumlah sampel sebanyak 100
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan Importance
Performance Analysis.
Berdasakan hasil penelitian yang diukur melalui Importance Performance
Analysis dinyatakan bahwa kelima dimensi kualitas layanan yang digunakan dirasa
masih belum mampu memberikan kepuasan kepada konsumen karenakinerja layanan
yang diberikan masih belum sesuai dengan tingkat kepentingan konsumen.
Sedangkan indikator yang memiliki skor kinerja yang terendah adalah
penampilan kru PO.AKAS dengan skor 353, bahwa indikator tersebut menunjukkan
ketidakpuasan penumpang yang paling besar.
Diagram Importance Performance menunjukan bahwa posisi variabel kualitas
layanan lebih banyak menempati posisi kuadran B. Menunjukan bahwa tingkat
pelaksanaan layanan telah sesuai dengan kepentingan pelanggan.