Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Di Kabupaten Jember
Abstract
Pada penelitian ini berjudul “Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor Budaya, Faktor Pribadi, Faktor Sosial Dan Faktor Psikologis Terhadap proses Pembelian Produk Pizza Hut di Kabupaten Jember ”. Tujuan penelitian untuk menganalisis apakah faktor budaya, pribadi, sosial serta psikologis mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk Pizza Hut jember.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner pada responden, yaitu konsumen yang pernah mengkonsumsi pizza hut Jember. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, dengan jumlah sampel adalah 60 orang. metode analisis yang digunakan adalah analisis diskriminan.
Berdasarkan hasil dari analisis diskriminan bahwa ada perbedaan antara kelompok sering membeli dan jarang membeli terhadap faktor pribadi, budaya, dan faktor sosial. Variabel yang paling membedakan perilaku kedua kelompok sering dan jarang membeli adalah X2/Faktor pribadi, X1/faktor budaya dan yang paling kecil pengaruhnya adalah X3/Faktor sosial. Dari empat variabel, terdapat satu variabel (X4/Faktor psikologis) bukanlah variabel yang membedakan perilaku kedua kelompok. Atau dapat dikatakan
keputusan sering dan jarang membeli mereka terhadap variabel tersebut relative sama (misal jika kelompok sering bersikap positif terhadap X4/Faktor psikologis di restoran pizza hut Jember, maka kelompok jarang juga bersikap positif, sehingga faktor X4/Faktor psikologis tidak membuat mereka berbeda perilaku). Model diskriminan yang ada ternyata valid dan dapat digunakan, karena tingkat ketepatannya cukup tinggi (85%). Dengan dimikian pihak pemilik sekaligus pengelola dapat mengambil berbagai strategi yang relevan berdasarkan model diskriminan tersebut.