ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK FACIAL FOAM DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Segmentasi Pasar Facial Foam di Kota Jember”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui segmen pasar facial foam berdasarkan atribut produk dan untuk mengetahui merek produk facial foam yang ada pada masing-masing segmen. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa jawaban kuisioner responden dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat oleh peneliti. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen, catatan serta berbagai laporan berkaitan dengan masalah yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk facial foam di Kota Jember yang menggunakan salah satu produk dari Ponds, Biore, Clean and Clear, Nivea, dan Olay. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Stratified Purpossive Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Cluster dengan dua metode ; K-Means Cluster dan Hierarki Cluster.
Berdasarkan hasil analisis Cluster dengan metode K-Means Cluster, diperoleh hasil bahwa segmen pasar produk facial foam di Kota Jember yang terbentuk adalah dua klaster yaitu: Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut: harga, kualitas dan keandalan, dan ketersediaan konter sehingga diberi nama ”kluster manfaat” dengan jumlah responden sebanyak 45 orang (50%), Klaster 2 adalah respnden yang mementingkan atribut merek dan promosi sehingga diberi nama ”klaster merek” dengan jumlah responden 45 orang (50%). Sedangkan analisis Cluster yang menggunakan metode Hierarki Cluster diperoleh hasil yaitu terdapat dua kelompok facial foam berdasarkan merek yaitu : kelompok 1 meliputi facial foam dengan merek Ponds, Biore, Nivea. Sedangkan untuk kelompok 2 meliputi facial foam merek Clean and Clear dan Olay.