ANALISIS EFEKTIVITAS INVESTASI PIUTANG PADA PERUSAHAAN KERIPIK INTIRASA PIKATAN DI KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR
Abstract
Perusahaan Keripik Intirasa Pikatan merupakan perusahaan yang bergerak
dalam bidang pembuatan dan pemasaran keripik buah dengan jenis keripik
nangka, keripik nanas dan keripik pisang. Penjualan yang dilakukan perusahaan
yaitu dengan menjual produknya secara tunai dan secara kredit dengan
perbandingan komposisi tertentu. Kebijakan penjualan secara kredit yang
dilakukakan perusahaan berarti memberikan konsekuensi yaitu memperbesar
jumlah piutang.
Penelitian ini mengambil objek Perusahaan Keripik Intirasa Pikatan di
Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Periode penelitian yang digunakan untuk
analisis adalah data dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Data tahun 2011
pada saat melakukan penelitian belum genap satu tahun sehingga untuk keperluan
analisis tersebut digunakan metode taksiran. Metode penelitian yang digunakan
yaitu metode diskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi rencana
penjualan kredit dan menganalisis tambahan investasi piutang tahun 2012, serta
menganalisis efektivitas investasi piutang apabila dikaitkan dengan keuntungan
atau kerugian yang akan diperoleh perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari perhitungan ramalan
penjualan 2012 apabila dihubungkan dengan peningkatan persentase volume
penjualan kredit dari 80% menjadi 90%. Maka dengan adanya kenaikan penjulan
kredit investasi terhadap piutang efektif untuk dilakukan UKM dan
menguntungkan bagi perusahaan karena tingkat rate of return yang
diperhitungkan untuk perusahaan lebih besar dari tingkat suku bunga khusus
UKM yang ditawarkan oleh pemerintah saat ini.