Show simple item record

dc.contributor.authorRizqa Nurul Aini
dc.date.accessioned2013-12-04T01:32:28Z
dc.date.available2013-12-04T01:32:28Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3362
dc.description.abstractTujuan utama pembelajaran menyimak adalah melatih siswa memahami bahasa lisan. Salah satu materi simakan di sekolah dasar adalah cerita anak dengan kompetensi dasar mengidentifikasi tema, latar, tokoh dan pesan dalam cerita anak. Kenyataan di lapangan banyak siswa kesulitan dalam kegiatan menyimak. Hal tersebut terlihat dengan hasil belajar menyimak cerita anak siswa kelas V SDN Panti 01 Jember masih rendah, sebanyak 12 siswa dari 26 siswa atau sebesar 53,8% belum dapat mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 68. Selain itu, metode pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi sehingga berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Perlu diadakan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan serta memperbaiki proses dan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam penelitian adalah film animasi. Film animasi adalah media audiovisual yang dapat memberikan stimulus. Dengan adanya stimulus tersebut diharapkan siswa dapat lebih tertarik dan berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media film animasi yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan media film animasi yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 dan meningkatkan hasil belajar keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013. 7 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Sementara data hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan tindakan dianalisis secara kuantitatif sesuai dengan kriteria penilaian yang ditentukan. Penerapan media film animasi yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak adalah dengan menayangkan film animasi berjudul “Abeng Punya Sepeda” pada siklus I dan film animasi berjudul “Hadiah Anak Pandai” pada siklus II dengan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik. Pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan belajar secara klasikal sehingga perlu dilaksanakan sikus II. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus II, guru memperjelas konsep unsur intrinsik dan menayangkan film animasi sebanyak 2 kali. Adapun peningkatan keterampilan menyimak cerita anak setelah penerapan media film animasi adalah sebagai berikut, pada siklus I yang mencapai ketuntasan sebanyak 17 siswa atau 65,3% dari 26 siswa, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan adalah 22 siswa atau 84,6% dari 26 siswa. Nilai tersebut sudah sesuai dengan target ketuntasan secara klasikal yaitu minimal 75%. Berdasarkan penerapan media film animasi pada pembelajaran menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Panti 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak. Adapun saran yang dapat diberikan adalah guru dapat menggunakan media film animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena terbukti dengan media ini dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204051;
dc.subjectMenyimak Cerita Anaken_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS V SDN PANTI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record