• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL KWL ( UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI TERBIMBING SISWA KELAS IV SDN BADEAN 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Riyanti Desi Wulandari - 090210204092_1.pdf (125.8Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Riyanti Desi Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran menulis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan melalui proses atau tahapan-tahapan. Pada KTSP pada bagian Standar Kompetensi dinyatakan bahwa siswa hendaknya mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis. Sedangkan indikator pembelajarannya adalah siswa mampu menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Badean 01 Jember, kemampuan menulis karangan narasi siswa masih tergolong rendah, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut berasal dari guru maupun siswa sendiri. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa melalui penerapan model KWL Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Berdasarkan rumusan masalah tersebut dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut: vii media gambar seri, Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 41 siswa. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sudah cukup baik, yaitu mencapai 76%, namun kemampuan siswa mengemukakan pendapat dan bertanya masih kurang. Hal tersebut disebabkan bimbingan guru kurang menyeluruh dalam kegiatan diskusi kelompok. Analisis data siklus II, aktivitas siswa mengalami peningkatan, yakni mencapai 85.6 %. Hasil belajar menulis karangan narasi siswa pada siklus I, yaitu sebesar 65,85%, yang disebabkan siswa masih belum bisa menggunakan tanda baca yang tepat, serta pilihan kata yang digunakan masih kurang maksimal. Siklus II, mengalami peningkatan sebesar 19,51% sehingga menjadi 85,35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model KWL dengan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis karangan narasi terbimbing siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi siswa diharapkan harus lebih aktif dalam kegiatan belajar menulis karangan narasi. Bagi guru kelas, setelah penelitian ini diharapkan mampu menerapkan model KWL dengan media gambar seri dalam melaksanakan pembelajaran menulis karangan narasi terbimbing, Bagi sekolah yang terkait, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi guru kelas lain di SDN Badean 01 Jember untuk dapat menerapkan model KWL
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3352
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository