PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DAN OTORITER DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Aspek perkembangan anak meliputi perkembangan motorik, intelektual,
emosi, bahasa, serta personal sosial. Pada usia prasekolah anak mengalami
kemajuan perkembangan yang optimal terutama perkembangan sosial dan
emosional. Aspek perkembangan sosial dan emosional anak dapat dilihat dengan
perkembangan personal sosial yang merupakan salah satu aspek yang dianggap
paling penting untuk dikembangkan pada anak usia prasekolah sebagai dasar bagi
perkembangan sosial selanjutnya. Masalah perkembangan personal sosial pada
anak prasekolah diantaranya adalah anak tidak mempunyai kemampuan dalam
bersosialisasi dan kemandirian mencapai angka 56,61 % pada anak usia
prasekolah (Widiastuti, 2008).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan
perkembangan personal sosial anak usia prasekolah dengan pola asuh demokratis
dan otoriter di Taman Kanak-kanak Dharma Indria I Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei
analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah total sampling yaitu 58 responden yang dibagi menjadi dua
kelompok yaitu kelompok pola asuh demokratis dan otoriter. Analisis data
menggunakan uji statistik chi-square,
untuk
mengetahui perbedaan perkembangan
personal soaial anak usia parasekolah dengan pola asuh demokratis dan otoriter.
Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat 35 (60,3%) orang tua dengan
pola asuh demokratis memiliki anak dengan perkembangan personal sosial baik
sebanyak 29 anak (82,9%) dan personal sosial tidak baik sebanyak 6 anak
(17,1%), sedangkan orang tua dengan pola asuh otoriter 23 (39,7%) orang
memiliki anak dengan perkembangan personal sosial baik sebanyak 5 (21,7%)
anak dan personal sosial tidak baik 18 (78,3%) anak. Hasil analisa data uji chisquare
dengan alpha 5%, dan P value =0,000. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah ada perbedaan yang amat sangat bermakna antara perkembangan personal
sosial anak usia prasekolah dengan pola asuh demokratis dan otoriter di Taman
Kanak-kanak Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Nilai Odd
Ratio adalah 17,4 yang artinya adalah orang tua dengan pola asuh demokratis
berpeluang 17,4 kali untuk memiliki anak dengan perkembangan personal sosial
yang baik dibandingkan dengan orang tua dengan pola asuh otoriter. Saran dari
penelitian ini adalah untuk mencapai perkembangan personal sosial yang baik
pada anak usia prasekolah, orang tua diharapkan menerapkan pola asuh
demokratis dengan memperhatikan karakter, keadaan dan kondisi anak.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]