• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V A PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN AJUNG 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Restu Kurniasari - 090210204056_1.pdf (720.0Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Restu Kurniasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V A SDN Ajung 03 Jember diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil ulangan IPA yang menunjukkan hanya 20 siswa atau 52,63% dari 38 siswa yang memperoleh nilai ≥ 75, sedangkan 18 siswa atau 47,37% memperoleh nilai < 75. Selain hasil belajar siswa yang rendah, aktivitas belajar siswa juga rendah yaitu 60,53% memperhatikan penjelasan guru, 65,8% mencatat, 57,89% menjawab, 52,63% bertanya, dan 60,53% diskusi. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Selain itu, guru tidak pernah mengadakan percobaan sehingga siswa hanya dapat membayangkan materi yang dipelajari. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran IPA adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen. Model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen adalah model pembelajaran dimana guru membimbing siswa untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari dalam pembelajaran dengan melakukan percobaan melalui tahap merumuskan masalah, menetapkan hipotesis, mencari informasi, menarik kesimpulan, dan mengaplikasikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V A pada vii pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen di SDN Ajung 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 Jember dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V A SDN Ajung 03 Jember tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran serta hasil wawancara dengan guru kelas dan siswa kelas V A. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Aktivitas siswa yang akan diamati dalam setiap siklus terdiri dari 7 indikator yaitu mendengarkan penjelasan guru, merumuskan hipotesis, penggunaan alat dan bahan, melakukan percobaan, berdiskusi, membuat kesimpulan, dan presentasi. Hasil analisis data aktivitas siswa menunjukkan bahwa masing-masing indikator aktivitas siswa pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal berada pada kriteria aktif dengan persentase 72,81% dan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 85,34% dengan kriteria sangat aktif sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,53%. Selain aktivitas siswa, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I terdapat 26 siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 dan 12 siswa memperoleh nilai < 75, sedangkan pada siklus II terdapat 32 siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 dan 6 siswa memperoleh nilai < 75. Secara klasikal, hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan persentase 68,42% dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 84,21% dengan kategori baik sehingga terjadi peningkatan sebesar 15,79%. Berdasarkan uraian di atas, penggunaan model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana di kelas V A SDN Ajung 03 Jember karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3153
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository