PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (Review,Overview, Presentation, Exercise, Summary) DENGAN ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI 2011/2012
Abstract
Perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya
perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk
meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan.
Menurut Priyono (dalam Kunandar, 2007:1) kualitas pendidikan Indonesia dianggap
oleh banyak kalangan masih rendah karena yang dipelajari di lembaga pendidikan
sering kali hanya terpaku pada teori, sehingga siswa kurang inovatif dan kreatif.
Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan
dalam mengelola proses pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran
yang efektif, efisien, dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang
diinginkan. Salah satu cara yaitu menggunakan model pembelajaran ROPES. Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ROPES perlu diringi
suatu penilaian (assessment) yaitu Penilaian Berbasis Portofolio. Menurut Popham
(dalam Haribowo, 2001:1) menyatakan bahwa portofolio sebagai portofolio sebagai
assessment merupakan metode pengumpulan informasi atau data secara sistemati k
atas hasil pekerjaan siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang
digunakan sebagai umpan balik bagi guru maupun siswa yang bersangkutan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model
pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan
assessment portofolio terhadap metakognisi siswa kelas VII Semester II di SMP
Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2011/2012, serta adakah pengaruh model
pembelajaran ROPES(Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan
assessment portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas VII Semester II di SMP
Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2011/2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan
assessment portofolio terhadap metakognisi dan hasil belajar IPA biologi di SMP
Negeri 7 Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan
quasi eksperimental pretest-postest tak ekuivalen (Pretest-posttets Non Equivalent
Control Group) pada kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Kegiatan pengumpulan data
dilakukan dengan pengukuran keterampilan metakognisi, tes hasil belajar siswa,
observasi mengajar, dokumentasi, pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru
maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas
menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov, uji homogenitas dengan analisis
varian(ANOVA) , dan analisis kovarian(ANOVA) terhadap data hasil penelitian.
Analisis terhadap keterampilan metakognisi siswa terdiri atas pengetahuan
tentang kesadaran(knowledge of cognition) dan pengaturan tentang kesadaran
(egulation of cognition). Analisis terhadap data nilai pengetahuan tentang kesadaran
diperoleh besarnya signifikansi 0,002(< 0,05). Dengan demikian H0 ditolak, jadi
perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang
berbeda. Analisis terhadap nilai pengaturan tentang kesadaran menunjukkan
pengaruh yang diberikan oleh kelas eksperimen, berbeda dengan pengaruh yang
diberikan oleh kelas kontrol dengan besarnya nilai signifikan 0,000((< 0,05) ehingga
H0 ditolak. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan penggunaan model
pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio memberikan pengaruh positif
dalam meningkatan nilai pengetahuan tentang kesadaran dan pengaturan tentang
kesadaran siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap niali pretest dan posttest
siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000 (< 0,05).
Penolakan H0menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Berdasarkan hasil uji LSD
menunjukkan beda rerata nilai eksperimen dan kelas kontrol bernilai positif 10,501.
Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ROPES dengan assessment
portofolio memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil
belajar kognitif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran ROPES dengan
assessment portofolio di SMP Negeri 7 Jember dapat meningkatkan metakognisi dan
hasil belajar siswa.