EFISIENSI PEMASARAN BUAH SEMANGKA(Citrulus Vulgaris Schard) DI DESA MOJOMULYO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran buah semangka yang diterapkan di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 petani di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember dari 50 petani yang ada di Desa Mojomulyo.
Metode analisis data yang digunakan untuk menguji efisiensi pemasaran semangka di Kecamatan Puger dilakukan dengan analisis efisiensi pemasaran dan margin pemasaran. Analisis share keuntungan digunakan untuk menghitung keuntungan tiap-tiap tingkatan lembaga pemasaran.
Nilai efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran tipe 1 sebesar 5,67 sehingga dapat dikatakan bahwa saluran pemasaran tipe 1 adalah efisien. Nilai efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran tipe 2 sebesar 7,71 sehingga dapat dikatakan bahwa saluran pemasaran tipe 2 adalah efisien.