• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KAJIAN SEMANTIK IKLAN PRODUK KECANTIKAN

    Thumbnail
    View/Open
    Helmi Susanto_01.pdf (200.4Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Helmi Susanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam setiap kehidupan kita, media massa telah menjadi sebuah bagian penting yang turut membangun kemajuan. Media massa juga memberikan penawaran akan laju informasi yang padat. Hal ini menyebabkan banyak sekali produsen mengikutsertakan pengiklanan di media massa. Mereka memiliki pemahaman bahwa iklan pada media massa akan mampu menunjang penjualan produknya. Berawal dari kasus tersebut, skripsi ini berusaha untuk melihat setiap iklan secara lebih kritis. Bahwa dalam setiap iklan akan pula disertakan jargon yang mampu menarik minat para pemirsa iklan. Selain itu, pada jargon, penulis melihat bahwa ada sebuah penanaman pemahaman yang mengarah pada perubahan kondisi kebudayaan. Jargon iklan tersebut akan dibuat semenarik mungkin dan dibuat seakan-akan sangat lekat dengan kehidupan masyarakat pemirsa iklan. Para pemirsa akan merasa bahwa produk yang sedang diiklankan merupakan bagian dari dirinya. Skripsi ini menganalisis bentuk jargon pada salah satu iklan produk kecantikan yang ada di masyarakat kita. Jargon tersebut adalah ‘jadi dewasa, bukan berarti semakin tua’. Dengan menggunakan sebuah kajian semantik, skripsi ini menemukan tingkatan makna yang dibawa oleh jargon iklan tersebut. Makna itu adalah makna primer dan makna sekunder. Pencarian makna ini dilakukan sesuai dengan segitiga analisis yang dikemukakan oleh Ogden dan Richards. Yaitu bahwa setiap makna terdiri atas bentuk, konsep, dan acuan. Antara bentuk dan acuan tidak memiliki hubungan langsung melainkan dihubungkan oleh titik puncak segitiga, yaitu konsep. ix Pada analisis ini, ditemukan makna primer dari data yang telah disediakan. Selain itu skripsi ini juga membahas mengenai posisi wanita dalam kebudayaan kita yang direpresentasikan oleh iklan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2973
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2292]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository