• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS V SD NEGERI 5 GAMBIRONO MELALUI METODE DISKUSI MODEL JIGSAW TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ma’rifatus Zuhlia - 090210402079_1.pdf (179.3Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Ma’rifatus Zuhlia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Menulis merupakan suatu kegiatan penurunan bahasa lisan ke bahasa tulis sehingga menulis merupakan kegiatan yang kompleks. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SDN Gambirono 05 diketahui bahwa, nilai menulis siswa mayoritas mendapat nilai 50. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diberikan oleh guru monoton. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang disajikan perlu dibenahi. Metode yang dipilih untuk membenahi masalah yang ada adalah metode diskusi model Jigsaw. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Rumusan masalah tersebut adalah: (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas V SDN Gambirono 05 melalui metode diskusi model Jigsaw pada pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2012-2013, dan (2) bagaimanakah hasil belajar menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas V SDN Gambirono 05 melalui metode diskusi model Jigsaw pada pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2012-2013. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji dan mengetahui proses pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas V SD Negeri Gambirono 05 dengan menggunakan metode diskusi model Jigsaw; (2) untuk mengetahui hasil belajar menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas V SD Negeri Gambirono 05 setelah melalui metode diskusi model Jigsaw. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Gambirono 05 mulai tanggal 15 Mei 2013 sampai 22 Mei 2013. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa viii kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 65,7 % dan pada silkus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 84,2 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) proses pembelajaran metode diskusi model Jigsaw di kelas V SD Negeri Gambirono 05 berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hal ini dapat ditujukan pada kegiatan-kegiatan pada siklus I dan siklus II. (2) Pada penerapan pembelajaran metode diskusi di kelas V SD Negeri Gambirono 05 diperoleh prosentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 65,7% pada siklus I dan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 84,2 % pada siklus II. Hal ini menunjukan dengan pembelajaran metode diskusi terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 18,5. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa metode diskusi model Jigsaw mempengaruhi hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Terjadi peningkatan hasil belajar siwa yang menunjukkan peningkatan kompetensi belajar siswa pula. Pada tahap prasiklus siswa yang memperoleh rata-rata secara klasikal yaitu sebesar 23,6%, pada siklus I memperoleh rata-rata secara klasikal sebesar 65,7% dan pada siklus II sebesar 84,2%. Dalam menerapkan metode ini, hendaknya guru memperhatikan pengelolaan kelas. Hal ini dikarenakan ketika siswa berdiskusi dalam kelompok, rentan ramai. Oleh karena itu, guru harus terampil dalam mengelola kelas agar keadaan kelas menjadi lebih kondusif ketika pembelajaran berlangsung. Untuk peneliti lain disarankan agar mengadopsi metode diskusi ini pada pokok bahasan Bahasa indoesia yang berbeda ataupun pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2847
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository