PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TELEVISI ES KRIM MAGNUM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya tarik iklan televisi es
krim Magnum terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Jember dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Jember yang menjadi konsumen es krim Magnum. Penelitian ini
dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 60 responden dengan metode
purposive sampling dengan kriteria responden adalah mahasiswa Fakultas
Ekonomi jurusan Manajemen angkatan 2007-2009 dan responden yang
memutuskan membeli produk es krim merek Magnum lebih dari satu kali.
Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan analisis regresi linier
berganda. Menurut Supranto (2000:204) analisis ini digunakan untuk mengetahui
pengaruh antara variabel pesan iklan (X1), penampilan visual (X2), bintang iklan
(X3), audio (X4), pengaturan (X5) terhadap keputusan pembelian produk es krim
merek magnum (Y).
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa variabel pesan
iklan dan pengaturan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember, variabel
bintang iklan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember, sedangkan variabel
penampilan visual dan audio tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan
pembelian adalah variabel pesan iklan.