• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PERISTIWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN WUNUT II PORONG TAHUN PELAJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Khoirul Bariyah - 090210204020_1.pdf (421.0Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    KHOIRUL BARIYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan standarisasi BSNP menyatakan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Wunut II Porong masih mengalami kendala karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran. Dampaknya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SD ini rendah. Hal ini terbukti dari hasil tes menulis karangan deskripsi peristiwa siswa yang masih rendah karena siswa kurang dapat menggunakan tanda baca dan kurang dapat memilih kata yang tepat untuk mendeskripsikan tayangan, sehingga hasil dari prasiklus ini yaitu hanya 36,4% dari 22 siswa yang mencapai nilai standart ketuntasan belajar minimal Dari latar belakang masalah tersebut, di lakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1 xi xi pelajaran 2012-2013? 2) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini pada siklus 1 sebesar 50%. Hal ini dikarenakan kurangnya daya imajinasi dan pemilihan kata siswa dalam mengarang karangan deskripsi peristiwa. Pada siklus II, guru menjelaskan kembali materi pelajaran sehingga siswa akan lebih memahami materi pelajaran. Guru juga membimbing siswa yang kurang memahami materi secara individual sampai ia benarbenar memahami materi pelajaran. Persentase hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 77,3%. Dari hasil tersebut menunjukkan persentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 27,3%. Saran dari penelitian ini adalah media audio visual dapat dijadikan sebagai alternatif guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga kegiatan belajar mengajar siswa dapat berdampak pada meningkatnya kemampuan menulis siswa dalam menulis karangan deskripsi peristiwa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2796
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository