dc.description.abstract | Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan bagian dari kehidupan manusia
sehingga pembelajaran IPA merupakan interaksi antara siswa dengan lingkungan
kehidupannya. Oleh karena itu dalam pembelajaran IPA ditekankan agar berorientasi
pada siswa. Peran guru terutama sebagai fasilitator. Mengingat hakikat IPA kecuali
sebagai produk juga proses ilmiah maka guru berkewajiban untuk menyediakan
wahana dan meningkatkan pengalaman belajar siswa guna pencapaian tujuan
pembelajaran IPA tersebut. Dalam pembelajaran IPA perlu menerapkan prinsipprinsip
pembelajaran yang meliputi : (a) Empat pilar Pendidikan Global, (b) Inkuiri,
(c) Konstruktivistik, (d) Salingtemas (Sains- Lingkungan–Teknologi dan
Masyarakat), (e) Pemecahan Masalah, (f) Pembelajaran bermuatan nilai, dan (g)
Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) yaitu
suatu model pembelajaran yang melibatkan para siswa untuk meninjau bahan yang
tercakup dalam materi pelajaran. Para siswa juga dilatih untuk menemukan sendiri
konsep materi yaitu dengan memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa mencari
penyelesaian dengan diskusi kelompok. Setiap anggota kelompok diberi nomor yang
bertujuan agar siswa dapat ditunjuk secara acak menyelesaikan hasil pemecahan
masalah, sehingga siswa dituntut untuk bekerja sama dengan temannya dan melatih
siswa untuk berbicara atau menjelaskan jawaban kepada kelompok lain. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model
pembelajaran kooperatife tipe NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan
aktivitas siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan 02 Probolinggo dan apakah penerapan model
pembelajaran kooperatife tipe NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya
siswa kelas 4 SDN Patokan 02 Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatife
tipe NHT (Number Heads Together) dalam meningkatkan aktivitas siswa pada mata
pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan
02 Probolinggo dan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatife tipe NHT
(Number Heads Together) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan
02 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010.
Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 4 di SDN Patokan 02
Probolinggo tahun ajaran 2009-2010. Desain dari penelitian ini adalah model
penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap siklus yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas siswa pada
siklus I sampai siklus IV yaitu 71,25%, 80,00%, 83,75% dan 89,17%. Sedangkan
aktivitas kelompok dari siklus I sampai siklus IV yaitu 70,83%, 79,17%, 81,25% dan
89,58%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nampak pada hasil analisis
pada siklus I sampai siklus IV ketuntasannya mencapai yaitu 60%, 65%, 75% dan
80%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model kooperatife tipe
NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN
Patokan 02 Probolinggo tahun ajaran 2009-2010. | en_US |