dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian pada siswa kelas IV SDN Blumbungan I Pamekasan
Tahun Pelajaran 2009/2010 ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan
pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi)
dengan menggunakan metode simulasi, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan
guru dalam menerapkan metode simulasi mata pembelajaran IPS tentang kegiatan
ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi), 3) untuk mengetahui ketuntasan
belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi
(Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Blumbungan I Pamekasan Tahun
Pelajaran 2009/2010 Kelas IV yang terdiri dari 20 siswa, 9 siswa laki-laki dan 11
siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini
menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data
melalui obeservasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data mulai dilakukan
tanggal 13 April 2010 sampai 01 Mei 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas
IV SDN Blumbungan I Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun
Pelajaran 2009/2010.
Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes
individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui
bahwa persentase ketuntasan belajar siswa mata pelajaran IPS tentang kegiatan
ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode
simulasi adalah : pada siklus 1 terdapat 14 siswa yang dikategorikan tuntas
dengan persentase ketuntasan 70%, sedangkan pada siklus 2 siswa yang
tuntas menjadi 17 siswa dengan persentase ketuntasan 85%, dan masih ada 3
siswa yang belum tuntas yakni 15%nya..
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPS tentang
kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan
metode simulasi dapat mencipkan pembelajaran yang aktif dan merangsang
siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk
meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |