PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI POKOK FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 TLOGOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Pada abad ke-20 ini kesadaran akan pentingnya matematika dalam kehidupan
sehari-hari bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah meluas dan merata
hampir kesegala lapisan masyarakat. Mata pelajaran matematika dengan pokok
bahasan Faktorisasi Aljabar merupakan salah satu materi yang diberikan kepada
siswa SMP Negeri 1 Tlogosari sebagai bekal untuk dapat mengembangkan sikap dan
kemampuan serta pengetahuan dan keterampilan dasar. Dalam menyampaikan materi
tersebut metode ceramah saja kurang tepat, karena sakarang ini dengan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan menuntut siswa cerdas tidak hanya aspek kognitif, tetapi
juga aspek efektif dan psikomotorik.
Pemberian tugas harus disertai dengan resitasi, karena adakalanya siswa
dalam mengerjakan tugas yang diberikan hanya menyalin pekerjaan temannya.
Frekuensi pemberian tugas dan resitasi merupakan salah satu upaya untuk
menanamkan konsep yang lebih dalam pada suatu materi pelajaran. Permasalahan
pokok dalam penelitian ini, apakah frekuensi pemberian tugas dan resitasi yang
berstruktur sebanyak 6×, 4×, dan 2× berpengaruh secara signifikan terhadap hasil dan
aktivitas belajar siswa materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIII semester ganjil
di SMP Negeri 1 Tlogosari tahun ajaran 2010/2011. Adapun tujuan dari penelitian
ini, untuk mengetahui apakah frekuensi pemberian tugas dan resitasi yang
berstruktur sebanyak 6×, 4×, dan 2× berpengaruh secara signifikan terhadap hasil dan
aktivitas belajar siswa materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIII semester ganjil
di SMP Negeri 1 Tlogosari tahun ajaran 2010/2011.