dc.description.abstract | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan bagian dari pendidikan yang
mengembangkan tujuannya dari tujuan pendidikan secara umum. Dalam proses
belajar mengajar diperlukan kualitas pengajaran yang memadai, yaitu pengajaran IPA
yang diarahkan untuk membantu siswa menggunakan daya intelektual dalam belajar.
Dari hasil pengamatan di SDN 3 Dasri, aktivitas maupun hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Masalah ini disebabkan karena (1)
kurang adanya pelaksanaan diskusi antara siswa sehingga siswa masih bersifat pasif
dalam pembelajaran (2) materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman
siswa, guru masih menggunakan text book dalam mengajar, (3) pertanyaan yang
diajukan oleh guru hanya dijawab oleh beberapa siswa saja, (4) dalam membentuk
kelompok siswa masih memilih sendiri sehingga tidak heterogen dari kemampuan
dan menyebabkan kelompok tertentu yang aktif, (5) di dalam kelompoknya beberapa
siswa masih mengerjakan sendiri tugas dari guru sehingga siswa yang lain kurang
merasa tanggung jawab dan terlibat. Berdasakan latar belakang yang telah
dikemukakan di atas, dirumuskan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah
peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya
melalui metode Eksperimen dengan menggunakan media benda asli pada siswa kelas
V SDN 3 Dasri Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran
2010/2011, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada pokok bahasan sifatsifat
cahaya
melalui
metode
Eksperimen
dengan
menggunakan
media
benda
asli
pada
siswa kelas V SDN 3 Dasri Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun
ajaran 2010/2011.
Penerapan Metode Eksperimen dengan menggunakan media benda asli dapat
memberikan kondisi belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa, dapat
meningkatkan ketrampilan siswa dalam melakukan suatu eksperimen ilmiah, serta
belajar sambil membuktikan teori-teori yang telah ada, sehingga siswa dapat dengan
mudah memahami pembelajaran dan akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1)
mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan
sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dengan menggunakan media benda asli,
(2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok
bahsan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dengan menggunakan media
benda asli.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 3 Dasri yang terdiri dari 21
siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 7
kelompok yang heterogen, yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 3 siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus, yang masing-masing siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan
wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis nilai hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Februari 2011 sampai 03 Maret
2011 dengan subjek penelitian kelas V SDN 3 Dasri. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian aktivitas siswa , aktivitas guru, dan nilai hasil belajar siswa pada saat
penerapan metode eksperimen menggunakan media benda asli. Hasil analisis
aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73% meningkat menjadi
84% di siklus II, aktivitas guru juga meningkat dari rata-rata 72% di siklus I meningkat menjadi 84,5% pada siklus II. Analisis nilai hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sebesar 62% menjadi 86% pada siklus II, berdasarkan hasil
tersebut secara klasikal siswa kelas V mencapai peningkatan nilai hasil belajar
sebesar 24%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pembelajaran
IPA menggunakan Metode Eksperimen menggunakan media benda asli mengalami
peningkatan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan persentase
rata-rata sikus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 84%. Pembelajaran IPA dengan
Metode Eksperimen menggunakan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SDN 3 Dasri yaitu mencapai persentase sebesar 62% pada siklus I dan
86% pada siklus II, sehingga meningkat sebesar 24%. | en_US |